49619 KALI DIBACA

Diduga, Penggunaan Dana Bos SDN 173424 Mencolok tidak Transparan

Diduga, Penggunaan Dana Bos SDN 173424 Mencolok tidak Transparan
Foto : Kepala Sekolah Dasar Negeri 173424, Rustama Simamora, Hombahas
example banner

mediarealitas  | Humbahas

Diduga, pengelolahan dana Bantuan Operasional Siswa (BOS), Sekolah Dasar Negeri 173424, Lumban Naungkup, Jalan Pariksinomba, Desa Silaga-Laga, Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, tidak transparan.

Pasalnya, sejuah ini kepala sekolah terkesan tertutup dalam penyampaian Dana BOS, bahkan tidak adanyan pengumuman di papan informasi terkait penggunaan dana BOS.

Kepala Sekolah SDN 173424, Rustama Simamora saat dikonfirmasi awak media mengatakan, menyangkut dana bos sudah kita laksanakan dengan baik, dan masalah papan informasi pada dasarnya untuk pengelolaan dana Bos pada tahun 2016, memang telah kita paparkan, karena papan informasi tersebut sudah usang makanya tidak dipasang lagi.”ucapnya.

“Kalau dana BOS, sudah kita laksanakan dengan baik, tidak kita paparkan di papan informasi karena kondisi papan informasinya sudah usang,”ungkap Rustama saat diwawancarai sejumlah awak media kemarin (2/9).

Mengenai transparansi pengolahan dana BOS, lanjut Rustama, segala administrasi pengolahan dana BOS, sudah kita (sekolah,red) serahkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten.

“Kita sudah serahkan ke Diknas mengenai pengolahan dana BOS, kalau memang ada temuan, yang mana, yang jelas dana bos sudah terlaksanak dengan baik,”ujarnya.

Sementara itu, dari hasil pantauan Tegasbeita dilapangan, bahwa apa yang dikatakan Kepala Sekolah SDN 173424, diduga banyak yang tidak sesuai, terutama menyangkut papan informasi sama sekali tidak terpasang.

Padahal, panduan juklak dan juknis dana Bos dalam pengelolaan harus dilakukan transparan,terutama dari beberapa item pengelolaan dana Bos, minimal harus jelas peruntukanya.

Sekedar untuk diketahui, saat ini jumlah siswa/i  di SDN 173424 berkisar 170 siswa/i, Ruang belajar 6, kamar mandi 4, guru berjimlah 10 orang, yang PNS 8  dan tenaga honor 2,(zamal)

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS