71619 KALI DIBACA

Wooow,….SMAN 4 Medan Terima Siswa Sisipan Hingga Ratusan Orang

Wooow,….SMAN 4 Medan Terima Siswa Sisipan Hingga Ratusan Orang
Diduga Murid Sisipan Didampingi orang tua sedang berdiri di depan pintu Gerbang SMAN 4 Medan
example banner

mediarealitas | Medan,

Kendati jadwal masuk ajaran baru sekolah di kota Medan sudah berlangsung sejak tanggal 18 Juni lalu. Namun, berbeda di SMA N 4 Medan, hingga Senin (25/7) aktifitas penerimaan siswa baru masih berlanjut. Konon sekolah ini dituding menerima siswa ‘sisipan’ hingga ratusan orang. Pihak sekolah diduga memanipulasi daya tampung jumlah  siswa saat pendaftaran resmi.
 
Dari pengamatan wartawan, Senin (25/7) pagi di SMA N 4 Medan Jl Gelas Medan Petisah, aktifitas penerimaan siswa sisipan sangat menyolok. Tepat pukul 7.30 wib, pagar sekolah sudah ditutup setelah siswa resmi masuk ke lingkungan sekolah. Ternyata, hingga pukul 9.00 wib, sejumlah siswa didampingi para orang tua terlihat menunggu didepan pagar. Sebagian lagi tampak ngumpul di bawah pohon pekarangan sekolah menunggu panggilan resmi.
 
Ternyata, mereka ini adalah siswa yang tidak lulus dan namnya tidak tercantum saat pengumuman pada tanggal 15 Juli lalu. Setelah ditelusuri, informasi yang diperoleh wartawan, pihak sekolah ternyata melakukan pembohongan publik dengan memanipulasi jumlah daya tampung saat Penerimaan Peserta Disik Baru (PPDB).
 
Sebagaimana pengumuman resmi SMA N 4 Medan saat PPDB, daya tampung hanya sebanyak 416 orang yakni jurusan IPA 6 kelas dan jurusan IPS 2 kelas masing masing per kelas sebanyak 38 orang. Namun faktanya, untuk siswa baru sudah menggunakan ruangan 11 lokal dan masing masing ruangan diisi sekitar 42 orang s/d 45 orang. Artinya ada penambahan sekitar 3 kelas atau sekitar 150 orang.
 
Terkait hal ini, pihak sekolah tidak ada yang bersedia diwawancarai. Kepala Sekolah Drs Ramly juga tidak berada disekolah, sedangkan ketika dihubungi Hp nya tidak aktgif.
 
Menanggapi hal itu, anggota Komisi B DPRD Medan Drs Wong Cun Sen kepada wartawan, Senin (25/7) mengatakan, jika terbukti pihak SMA N 4 Medan melakukan manipulasi daya tampung PPDB berarti sudah melakukan pidana. Untuk itu, Kepala Sekolah harus bertanggujawab dan diproses hukum.
 
Politisi PDI P ini sangat menyesalkan pihak sekolah yang memanipulasi jumlah daya tampung. “Seharusnya pihak sekolah sejak awal harus transparan terkait jumlah daya tampung sekolah. Jika ada penambahan harus memberikan alasan secara transparan juga kepada masyarakat,” tegas Wong Cun Sen.
 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS