48919 KALI DIBACA

Pelindo I Keluarkan Surat Teguran, Warga Galangan Belawan Resah

Pelindo I Keluarkan Surat Teguran, Warga Galangan Belawan Resah
lahan HPL 01, Navigasi ,dll. Warga Lingkungan 8 Galangan Waruna Bagan Lama
example banner

mediarealitas | Belawan

Pelindo I Belawan tertanggal 12 Juli 2016, mengeluarkan surat teguran kepada warga lingkungan 8 Galangan Waruna Bagan Lama, terkait penertiban lahan HPL 01,navigasi dan lainnya. Yang tentunya membuat warga merasa resah dan tidak nyaman

Penyebabnya  demikian warga galangan tersebut resah,  dikarenakan Surat yang diberikan Pelindo  I Belawan itu tidak sesuai dengan keinginan masyarakat Bagan Lama, dan dinilai tidak Manusiawi. Padahal Tempat tinggal (Rumah) yang mereka huni dari sejak Tahun 1969 atau kurang lebih sekitar 50 Tahun lalu itu adalah hasil dari jerih payah mereka sendiri.

Salah satu warga galangan kapal waruna Bagan Sumadi(56) mengatakan Tadi pagi ada Rapat yang digelar Kecamatan Belawan  sekitar pukul jam 09.00 WIB , Kami(warga) seperti pemuka masyarakat Pak Kadin , Ust Ismail, Andi boy memenuhi panggilan Camat di Kecamatan Medan Belawan, Senin Pagi(18/07/16), Camat mengatakan “kami hanya menjembatani “, ujar pak camat kepada warga yang tadi hadir di kantor camat , ucap Sumadi.

Dari tahun 69 saya disini, Saya sudah 2 kali dipindahkan bang, mulai dari zaman jawatan dulu, Kami tidak menginginkan Nilai tapi kami hanya ingin kami dipindahkan ketempat yang layak Lokasinya, Tegas Sumadi sembari menangis.

Menurut Tokoh Masyarakat Warga Galangan Kapal Waruna Andi Boy Menjelaskan bahwa  kalo berdasarkan HPL yang Pelindo punya itu mengacu pada SK 2 menteri, direkomendasi (otomatis  surat awalnya) ke kelurahan  dilibatkan tokoh masyarakat dan masyarakat yang ada.

“Mereka tidak pernah melibatkan kami selaku tokoh masyarakat yang ada disini, sekali lagi saya tekankan kami tidak merasa dilibatkan dalam HPL yang mereka punya , faktanya kalo kita mau terjun dilapangan tertera 2 plank gede  dipajang di sepanjang JL Raya Gabion “perumahan ini milik kementerian perhubungan terdaftar sebagai barang milik negara “dan kesyahbandaran pun memancang juga,  jadi kita orang awam pun bingung akan dua pancangan ini yang satu mengaku milik ini yang satu mengaku  milik mereka juga , setahu warga disekitaran galangan Kapal disini” Pelindo tidak pernah memiliki tanah”itu yang harus kita ingat, ujar Andi boy Kepada media ini dengan semangat lantang.

Kami selama tinggal disini tidak mendapatkan/tidak menikmati fasilitas negara seperti PDAM Tirtanadi  dan listrik pun sendiri atas dasar perjuangan warga galangan ini, untuk mendapatkan 3 tiang listrik memakai swadaya sendiri/uang kami sendiri. Dan perlu diketahui lagi kami warga disini ada yang memiliki SK Camat, jadi harap itu sebagai perhitungan, ungkap Andi kembali(18/07).

Terpisah, terkait permasalahan ini Humas Pelindo I Belawan Roswita mengatakan
“Itu mau di bikin pembangunan, yang berada di hpl01 mau ditertibkan,
Mau ada Pelebaran jalan untuk BICT , mau di lebarkan  , dan mau kita bersihkan, lahan  yang selama ini   HPL 01 Mau ditertibkan dan juga kita sudah surati kog, kata Roswita melalui seluler(18/07).  (Ariel)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS