52519 KALI DIBACA

Pasca Lebaran, 80 Persen Anggota DPRD Medan Masih Bolos

Pasca Lebaran, 80 Persen Anggota DPRD Medan Masih Bolos
Suasana di Gedung DPRD Medan yang masih kosong melompong

mediarealitas I Medan

Disiplin anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan periode 2014- 2019 dinilai sudah sangat mengawatirkan. Hal ini terlihat  pada hari pertama masuk kantor pasca berakhirnya cuti bersama atau libur  hari raya Idul Fitri, Dimana dari 50 orang anggota dewan jumlah anggota dewan yang hadir sangat minim, bisa dihitung dengan jari, sehingga gedung dewan terlihat sepi dan tidak ada kegiatan.

Hasil pantauan wartawan kondisi gedung dewan pada hari pertama masuk kantor pasca libur Idul Fitri sangat sepi. Tidak dapat dijumpai anggota dewan di gedung itu pada pagi hari. Sejumlah ruangan, baik fraksi, komisi atau ruangan alat kelengkapan dewan lainnya hanya diisi oleh staf, petugas kebersihan dan petugas pengamanan kantor.

Di atas pukul 10:30 WIB baru terlihat sekitar sepuluh anggotadewan yang masuk ke kantor  yang terletak di Jalan Maulana Lubis No 2 Medan itu.Melihat minimnya jumlah anggota DPRD Medan yang hadir membuat kantor wakil rakyat itu  membuat. Suasana sangat hening begitu terasa saat melintasi ruangan demi ruangan.

Dari hasil  amatan wartawan  anggota DPRD Medan yang tampak hadir yakni, Wakil Ketua DPRD , Ihwan Ritonga, Ketua Komisi B DPRD Medan Surianto alias Butong, anggota komisi B, Bahrumsyah (PAN), Wong Chun Sen (PDI-Perjuangan), HM Yusuf (PPP) , selain itu ada juga anggota komisi A, Waginto (Gerindra), anggota komisi D , Abdul Rani (PPP),  Parlaungan Simangunsomg, Beston Sinaga dan Andi Lumban Gaol (PKPI) serta Paul Mei Anton Simanjuntak (PDI-Perjuangan).

Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga saat ditemui diruang kerjanya menyebutkan kehadiran para anggota dewan di hari pertama pasca liburan lebaran cukup baik. “Banyak kok yang hadir. YA! kalaupun tak nampak mungkin berada di ruangan masing-masing (Fraksi ataupun Komisi-red). Tapi maklumi ajalah, kan masih suasana lebaran, “tandas politisi Gerindra Medan itu.

Akui

Anggota Komisi A, Asmui Lubis mengakui bahwa masih banyak kolega nya yang tidak hadir pada hari pertama pasca liburan lebaran. Hal itu kemungkinkan disebabkan tidak adanya jadwal kerja di DPRD Medan. “Mungkin juga kan masih kecapekan abis mudik lebaran, “ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Medan itu.

Sementara untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun honor, sama seperti hari pertama aktif kerja, tingkat kehadiran (PNS) maupun tenaga honor yang bertugas di DPRD Medan masih jauh lebih baik daripada anggota dewannya sendiri.

Sebelumnya Kabag Humas DPRD Medan Yuslizar, menyinggung soal masih banyaknya anggota DPRD Medan yang masih bolos pada hari pertama pasca liburan hari raya Idul Fitri mengatakan, pihak sekretariat DPRD Medan tidak mempunyai kewenangan untuk menindaklanjuti anggota dewan yang tidak hadir tersebut. Karena menurutnya, itu merupakan hak dan kewenangan Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Medan.

“Kalau anggota Dewan yang tidak hadir, saya tidak bisa intervensi. Tapi lain halnya jika PNS atau honor yang bolos, saya akan tindak tegas mereka,” ungkapnya. (rom)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS