40819 KALI DIBACA

Medan dan Bandung Jalin Kerjasama Jaringan Lintas Perkotaan

Medan dan Bandung Jalin Kerjasama Jaringan Lintas Perkotaan
Pemko Medan kembali menjalin kerjasamaJaringan Lintas Perkotaan dengan Pemko Bandung. Penandatanganan kerjasam ini dilakukan langsung Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dengan Wali Kota Bandung, Mochamad Ridwan Kamil ST M.UD di sela-sela Munas V APEKSI 2016 di Abadi Convention Centre Jalan HMO Bafadhal, Jambi, Kamis (28/7). Kerajsama ini dilakukan dalam rangka mendukung pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
example banner

mediarealitas | Medan

Setelah dengan Pemko Surabaya, Pemko Medan kembali menjalin kerjasamaJaringan Lintas Perkotaan  dengan Pemko  Bandung. Penandatanganan kerjasam ini dilakukan langsung Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dengan  Wali Kota Bandung, Mochamad Ridwan Kamil ST M.UD di  sela-sela Munas V APEKSI 2016 di Abadi  Convention Centre Jalan HMO Bafadhal, Jambi, Kamis (28/7). Kerajsama ini dilakukan dalam rangka mendukung pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

                Adapun kerjasama Jaringan Lintqs Perkotaan yang ditandatangani ini, melupti kerjasama pengembangan smart city, ekonomi kreatif, koperasi dan UMKM, kebudayaan dan pariwisata, promosi dan pengembangan industri,  perdagangan dan investasi serta kemetrologian. Selain itu bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, pertanian, ketahanan pangan dan budi daya laut serta kebersihan dan pertamanan.

                Eldin menjelaskan , makasud  dilakukannya penandatanganan kerjasama ini yakni sebagai komitmen dan pedoman melaksanakan alih pengetahuan dan pengalaman best practice antar apratur pemerintahan (city sharing). Kemudian menciptakan keterpaduan pembangun antar kawasan perkotaan.

“Di samping itu melalui kerjasama ini, kita ingin mewujudkan efisiensi, efektifitas serta sinergitas dalam penyelenggaraan pembangunan dan penyediaan pelayanan umum kepada masyarakat dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan pemgembangan ekonomi kreatif yang dimiliki masing-masing daerah, guna mendukung pembngunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Eldin.

Sedangkan inti tujuan dilakukannnya penandatanganan kesepakatan bersama  ini, jelas Eldin, untuk percepatanan pembangunan daerah. Lalu, peningkatan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat dengan menafaatkan sumber daya yang dimiliki. “Insya Allah apa yang menjadi keinginan ini dapat terwujud,” harapnya.

Dengan penandatanganan kerjasama yan dilakukan ini, Edin berkeinginan Medan sebagai salah satu kota besar di Indonesia dapat menjadi pintu gerbang kemajuan Indonesia bagian barat. Atas dasar itulah arah pembangunan yang diprioritaskan Pemko Medn saat ini dengan meningkatkan daya saing, peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat melalui pendidikan, perekonomian, industri, UMKM, pariwisata serta beberapa hal penting lainnya.

Penandatanganan kerjasama bersama antara Pemko Medan dengan Pemko Bandung ini disaksikan oleh seluruh peserta Munas V APEKSI 2016. Selain dengan Pemko Medan, Pemko Bandung juga menandatangani Jaringan Lintas Perkotaan dengan Pemko Menado, Pemko Pekanbaru, PemkoMakasar, Pemko Banjarmasin, Pemko Banjar Baru dan Pemko Jogyakarta.

Sekedar menginformasikan, penandatangan kerjasama antar kota ini merupakan salah satu agenda APEKSI dalam upaya untuk memajukan seluruh kota yang tergabung dalam APEKSI. Melalui kerjasama ini terjadi humbungan yang saling menguntungkan, terutama dalam upaya peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat masing-masing kota.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS