188119 KALI DIBACA

Forum Litbang 7 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Kunker ke Kota Medan

Forum Litbang 7 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Kunker ke Kota Medan
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Medan Ir Qamarul Fattah MSi menerima kunjungan kerja forum Penelitian dan Pengembangan (Litbang) yang terdiri dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kota Solo, Kabupaten Boyolali, Klaten, Wonogiri, Sragen, Karanganyar dan Sukoharjo. Saat foto bersama di depan kantor Walikota Medan
example banner

mediarealitas | Medan

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Medan Ir Qamarul Fattah MSi menerima kunjungan kerja forum Penelitian dan Pengembangan (Litbang) yang terdiri dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kota Solo, Kabupaten Boyolali, Klaten, Wonogiri, Sragen, Karanganyar dan Sukoharjo.

Dalam sambutannya, Qamarul menjelaskan, Kota Medan merupakan ibu kota provinsi Sumatera Utara. Kota Medan memiliki luas 26.510 hektar (265,10 km²) atau 3,6% dari keseluruhan wilayah di Sumatera Utara. Berdasarkan Sensus Penduduk Indonesia pada tahun 2010, penduduk Kota Medan berjumlah 2.109.339 jiwa. Terdiri atas 1.040.680 laki-laki dan 1.068.659 perempuan. Bersama kawasan metropolitannya (Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang) penduduk Medan mencapai 4.144.583 jiwa.

Qamarul mengatakan, banyaknya penduduk pemukiman yang singgah ataupun tinggal dikota Medan, serta angkutan kereta api yang melintasi 8 ruas jalan dikota Medan dan melintas setiap setengah jam sekali, ditambah ruas jalan yang masih tetap namun kendaraan di Kota Medan semakin banyak, merupakan beberapa penyebab kemacetan di Kota Medan.

Dalam kesempatan ini Qamarul berharap, melalui arah yang tepat, Litbang mampu menyelesaikan masalah yang ada di daerah masing-masing. “Litbang diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang ada di daerah masing-masing, seperti masalah ekonomi, pembangunan dan sosial” ujarnya.

Sementara itu, Joko selaku pimpinan rombongan Forum Litbang 7 Kabupaten/kota di Jawa Tengah  mengatakan, forum tersebut merupakan program kerja tahunan. Pada Tahun 2015 forum ini sudah kunker ke Batam dan pada tahun 2014 kemarin ke Jakarta untuk menambah wawasan agar nantinya dapat memberikan masukan kepada Tim Penyusunan SOTK yang baru, agar Litbang dapat mandiri dan berbentuk badan.

“Undang-undang 23 Litbang harus badan, namun sekarang PP 18 membuat nasib teman-teman yang lain banyak yang di likuidasi, ada penggabungan-penggabungan. Kita punya Diklat aparatur, Diklat masyarakat dan Litbang. Nantinya Diklat Aparatur akan ikut BKD, dan akan banyak lagi penggabungan-penggabungan. Kita mencari informasi kesini ingin mengetahui bagaimana Balitbang itu ? Karena Kota Medan sudah berdiri Balitbang.

Dra Siti Mahrani Hasibuan selaku sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang)  Kota Medan dalam paparannya menyampaikan, tugas pokok Balitbang Kota Medan adalah membantu Kepala Daerah dalam melaksanakan kegiatan Litbang dalam rangka perumusan dan penetapan kebijakan pemerintah daerah.

“Fungsi Balitbang Kota Medan diantaranya, melaksankan penelitian dan pengembangan dibidang Pemerintahan dan Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Daerah, Sosial dan Budaya serta Bidang Hukum dan Politik” ujar Siti.

Selain itu, Siti mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya Balitbang Kota Medan telah banyak melakukan kegiatan/kajian di Kota Medan.

“Beberapa diantaranya pada tahun 2015 lalu, Balitbang Kota Medan telah melaksanakan Perlombaan Karya Tulis Ilmiah, Koordinasi Kelompok Kerja (Pokja) Jaringan Penelitian dan Pengembangan (Jarlitbang) Bidang Pendidikan Kota Medan, Forum Koordinasi Pokja Jarlitbang, Kajian terhadap alat transportasi kota yang ekonomis, aman, nyaman, dan ramah lingkungan, kajian kawasan strategis menuju kawasan ekonomis serta Tim Pokja Jarlitbang bidang kesehatan” ungkapnya.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut, Siti berharap, koordinasi Kelitbangan melalui Balitbang Kota Medan dapat menjadi bahan pertimbangan perencanaan pembangunan ke depan, dan Balitbang kedepannya sebagai pengusul/perekomendasi bahan pertimbangan pengambilan keputusan dan arah kebijakan Pemerintah Kota Medan.

Acara kunker tersebut diakhiri dengan saling bertukar cinderamata antara Pemerintah Kota Medan dengan Forum Litbang 7 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS