62119 KALI DIBACA

Warga Marelan Minta Pemko Medan Membuat Drainase Baru

Warga Marelan Minta Pemko Medan Membuat Drainase Baru
example banner

mediarealitas I Medan

Warga Kecamatan Medan Marelan meminta kepada Pemerintah Kota Medan untuk memperbaiki drainase yang rusak dan membuat drainase baru di kawasan yang belum memiliki drainase. Soalnya, banjir kerap menghantui warga Medan Marelan.

Permintaan itu disampaikan warga dalam Reses II tahun 2016 yang dilaksanakan anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Gerindra, Surianto SH, di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Minggu (19/6).

Suryatno (56) mengungkapkan drainase di Kelurahan Terjun Medan Marelan belum pernah dibeton. Akibatnya, drainase tersebut gampang sekali penuh yang disebabkan tanah dari badan drainase tersebut terkikis sendirinya oleh aliran air di drainase.

“Sepanjang 1200 meter itu drainasenya belum pernah dibeton. Warga sudah berulang kali memintanya ke Kepling. Di kesempatan ini, kami meminta kepada anggota dewan, pak Surianto untuk menyampaikan masalah ini ke Walikota Medan,” paparnya.

Begitu juga dengan warga Kelurahan Rengas Pulau, Medan Marelan, Samsuri (44) yang mengadukan drainase di lingkungannya tidak pernah dikeruk. Akibatnya, aliran drainasenya jadi mampet.“Mungkin, kalau parit dikeruk, sudah ada pasirnya sebanyak 3 truk. Karena, memang terlalu banyak pasir mengendap di parit itu, karena tidak pernah dikeruk,” paparnya.

Menanggapi hal itu, Camat Medan Marelan, Parlindungan Nasution, mengakui belum semua kawasan di Medan Marelan yang memiliki drainase yang memadai dan bahkan masih ada lingkungan yang belum memiliki drainase sama sekali.“Seperti di kawasan Medan Marelan pasar 4, memang belum ada drainasenya di kiri dan kanan badan jalan dan hal ini sudah pernah kita paparkan ke Walikota Medan,” ujarnya.

Lain halnya drainase di Kelurahan Rengas Pulau. Parlindungan, menambahkan bahwa pihaknya sudah pernah berencana akan memasukkan alat berat ke kawasan tersebut. Namun sayangnya akses jalannya sangat sempit.“Sedangkan, kawasan lainnya, saya berharap ada kerjasamanya. Supaya warga juga ikut serta dalam membersihkan drainase di lingkungannya masing-masing,” ujarnya.

Sementara anggota DPRD Kota Medan, Surianto, mengungkapkan pihaknya sudah pernah mengajukan permasalahan drainase ini di Musrenbang Pemko Medan periode lalu dan Pemko Medan sudah memasukkan anggaran drainase itu di tahun depan. “Mudah-mudahan pembuatan dan perbaikan drainase ini bisa terlaksana,” papar pria yang akrab disapa Butong itu.

Butong menghimbau, kepada warga setempat untuk tidak selalu mengandalkan Kepling untuk membersihkan drainase. Terlebih lagi lingkungan yang sudah memiliki drainase yang baik.

“Drainase itukan dibuat dari anggaran Pemko, yang artinya uangnya dari rakyat juga. Untuk itu masyarakat harus ikut andil untuk merawat inventaris Pemko itu. Semuanya itu menjadi tanggung jawab kita bersama, pemerintah dan masyarakat umum,” pungkasnya. (rom)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS