52219 KALI DIBACA

SKPD Tak Semangat Gunakan Anggaran

SKPD Tak  Semangat Gunakan Anggaran
Hendrik Halomoan Sitompul anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Partai Demokrat DPRD

mediarealitas I Medan

Heran juga melihat semangat para pengguna anggaran, seperti dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dijajaran Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang sangat minim. Padahal, dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Medan tahun anggaran 2016 nilainya sebesar Rp5,38 triliun lebih.

“Kita melihat semangat mereka (SKPD) mengunakan anggaran ga ada, ini bisa kita buktikan,” kata Hendrik Halomoan Sitompul anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Medan, kepada wartawan, Senin (13/6).

Terbukti, sebut Hendrik, seperti di Dinas Pendidikan (Disdik) yang telah dikunjungi Komisi B DPRD Kota Medan beberapa hari lalu dalam kunjungan kerjanya (Kunker) terungkap sebesar 20 persen dari total anggarannya sebesar Rp1,6 triliun untuk tahun 2016 dipotong.

“Sampai-sampai ada statemen Kadis (Kepala Dinas Pendidikan Medan Marasutan Siregar) tanpa anggaran bisa jalannya ini. Ini seorang pelayan publik apalagi sekelas Disdik,” jelas anggota Komisi B DPRD Kota Medan ini.
Artinya apa, ujar alumnus Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 52 Lemhannas RI, pihaknya perlu mengetahui 20 persen anggaran untuk Disdik Kota Medan dipotong dengan alasan apa. ”Ini perlu kita tahu, jadi evaluasi nantinya,” sebutnya.

Dengan serapan anggaran yang rendah juga banyak ditemui di SKPD Pemko Medan lainnya, masalahnya sebut politisi demokrat ini, banyak SKPD tidak bisa berbuat, sebut saja Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Medan
hanya Rp1,7 miliar sampai triwulan I 2016 ini.

“Kacau juga neh, kayak ga ada antusiasnya. Saya berpikir lain sebenarnya, apakah ada pendapat lain sehingga  ini (anggaran dipotong) tidak ditindak lanjuti, ada hal lain yang dimainkan SKPD, sehingga  terlihat nyaman-nyaman saja, semakin buat saya curiga kenapa mereka santai-santai saja,” bebernya. (rom)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS