95619 KALI DIBACA

Siapkan Prioritas Program Kerja 5 Tahun Ke Depan Melalui Musrenbang RPJMD

Siapkan Prioritas Program Kerja 5 Tahun Ke Depan Melalui Musrenbang RPJMD
Walikota-Medan-Drs-HT-Dzulmi-Eldin-S-Msi-Buka-Musrenbang-RPJMD-Kota-Medan

mediarealitas | Medan

Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldion S MSi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) Kota Medan Tahun 2016-2020 di Hotel Emerald garden Medan, Jumat (3/6).

Kegiatan ini merupakan representasi dari berbagai stakeholder kota, yang diharapkan nantinya mampu memberikan berbagai saran dan masukan bersifat membangun, guna pemutakhiran rancangan RPJMD, sehingga nantinya dapat disampaikan dan dibahas bersama-sama  dengan DPRD Kota Medan untuk kemudian disetujui menjadi peraturan daerah (Perda).

                Eldin menilai musrenbang ini memiliki kedudukan dan fungsi yang cukup penting serta strategis.dalam pembangunan kota. Ada 3 alasan mengapa musrenbang ini cukup penting, pertama karena diperlukan arah kebijakan dan prioritas pembangunan kota yang secara konsisten dapat diselenggarakan bersama-sama untuk 5 tahun ke depan.

                “Yang kedua, Kota Medan adalah rumah kita. Oleh karenanya kita harus merencanakannya bersama-sama untuk kemudian melaksanakannya bersama-sama secara partisipatif. Sedangkan yang ketiga, sumber daya pembangunan yang kita miliki sifatnya cukup terbatas. Untuk itu harus dimanfaatkan secara efisien, tepat sasaran dan efektif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan,” kata Wali Kota.

                Mengacu dari hal itulah, Eldin mengajak seluruh yang hadir untuk menyusun bersama-sama perencanaan pembangunan sesuai dengan kebutuhan pembangunan kota untuk 5 tahun ke depan. Apalagi sebagai Wali Kota, dirinya bersama Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi memiliki janji-janji politik untuk membangun Kota Medan dalam 5 tahun ke depan.

                Atas dasar itulah secara politis dan moral, Eldin mengatakan mereka akan sekuat tenaga bersama seluruh stakeholdetr kota akan mewujudkan janji-janji pembangunan secara seoptimal mungkin. Oleh karenanya, ungkap Eldin, Rancangan RPJMD ini pada dasarnya mencakup visi dan misi pembangunan kota, serta prioritas program kerja untuk 5 tahun ke depan sesuai dengan potensi dimiliki.

                “Komitmen kita adalah mewujudkan Medan menjadi kota masa depan yang multikultural,. berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius. Sedangkan muara ataupun tujuan akhir dari visi pemabngunan kota yakni meningkatkan daya saing daerah dan kualitas pelayanan public serta kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan,” ungkapnya.

                Diakui Eldin, masalah dan tantangan pembangunan kota cenderung semakin berat dan kompleks. Ditambah lagi harus berhadapan dengan arus globalisasi. Namun apabila semua selalu bahu membahu dan bergandengan tangan membangun kota, dia yakin dapat mewujudkan visi pemabngunan sebagaimana yang sudah ditetapkan bersama.

                “Salah satu kunci keberhasilannya adalah kita haruas memiliki komitmen dan etos kerja yang semakin baik. Oleh karenanya slogan pembangunan kita adalah “Medan Rumah Kita”. Untuk itu ayo kerja, kerja dan kerja. Baik itu kerja sebagai amanah , aktualisasi diri maupun sebagai ibadah serta kehormatan bagi kita untuk membangun kota tercinta ini,”  jelasnya.

                Sebelum menuntaskan arahannya, Eldin mengingatkan semua peserta musrenbang harus merelakan waktu untuk mengikutinya selama dua hari penuh mengingat pentingnya kegiatan ini. Khusus kepada kepala SKPD dan delegasinya, Eldin mengistruksikan agar memberikan perhatian yang sungguh-sungguh. Sebab, musrenbang ini akan menjadi paduan dalam penyusunan rencana kerja SKPD dalam 5 tahun ke depan.

                “Harus diingat, rencana kerja tahunan harus berpedoman kepada RPJMD ini. Untuk itu, saya minta materi RPJMD ini ditelaah kembali, sehingga benar-benar menmjadi rencana kerja 5 tahunan yang lengkap dan terintegrasi!” tegasnya.

                Pembukaan musrenbang ini turut dihadiri Wakil Wali kota Medan, Ir Akhyar Nasution, Ketua DPRD Medan, henri Jhon Hutagalung beserta ketua fraksi dan komisi, Sekda Kota Medan, ifr Syaiful Bahri Lubis, unsur dewan kota, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan SKPD, pimpinan perguruan tinggi dan pegabdian masyarakat perguruan tinggi dan professional, unsut TP PKK Kota Medan, Dharma Wanita, pimpinan organisasi profesi, ormas dan organisasi kepemudaan, staf ahli, asisten, kepala bagian, serta camat.

                Kepala Bappeda Kota Medan, Zulkarnain dalam laporannya menjelaskan, RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan Kota Medan untuk priode lima tahun kedepan yakni tahun 2016-2020. Rentang waktu yang direncanakan untuk RPJMD ini telah diselaraskan dengan RPJMD sebelumnya yang masa berlakunya untuk 2011-2015.
“Prinsip pokok yang digunakan didalam penyusunan rancangan RPJMD ini adalah merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Selanjutnya disusun oleh pemerintah daerah dengan berbagai saran masukan dari segenap pemangku kepentingan kota. Selanjutnya mengintegrasikan rencana tata ruang dengan rencana pembangunan daerah yang di susun berdasarkan kondisi serta potensi yang di miliki Kota Medan,” jelas Zulkarnain.

                Selanjutnya papar Zulakrnain lagi, kepesertaan musrenbang diupayakan seoptimal mungkin mencerminkan representasi dari berbagai kelompok pembangunan baik yang berasal dari unsur pemerintah daerah, sektor swasta, maupun unsur masyarakat.         Musrenbang ini berlangsung selama dua hari penuh dengan tata cara diskusi pleno dan musyawarah kelompok.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS