36819 KALI DIBACA

Medan dan Surabaya Jalin Kerjasama Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Medan dan Surabaya Jalin Kerjasama Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wali Kota Surabaya, Hj Tri Rismaharini di Kantor Wali Kota Surabaya, melakukan MoU Selasa (31/5) lalu.
example banner

mediarealitas | Surabaya

                Pemko Medan dan Pemko Surabaya menandatangani kesepakatan kerja bersama (M0U) terkait kerjasama jaringan lintas  perkotaan. MoU tersebut ditandatangani langsung Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  dan Wali Kota Surabaya, Hj Tri Rismaharini di Kantor Wali Kota Surabaya, Selasa (31/5) lalu.

                Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan perekonomian daerah dan pelayanan public serta kesejahteraan masyarakat di kedua kota. Itus ebabnya kerjasama yang dilakukan meliputi bidang teknologi dan informasi, pendidikan, perdagangan dan perindustrian, kebudayaan dan pariwisata, kebersihan dan pertamanan human trafficking serta bidang strategis lainnya.

                Seperti diketahui Kota Medan dan Surabaya merupakan dua kota besar di Indonesia yang saat ini sedang berpacu melakukan pembangunan di berbagai sektor demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya. Ditambah lagi kedua kota memiliki potensi yang dapat dikolaborasikan dalam menciptakan inovasi baru, serta dapat saling mengadopsi ilmu pengetahuan, kebudayaan, teknologi dna informasi yang diterapkan demi kemajuan bersama.

                Wali Kota didampingi Asisten Pemerintahan Setdakot Medan, Musadad Nasution dan Kabag Hubungan Kerjasama, Rivai Nasution usai penandatanganan MoU mengatakan, Medan sebagai salah satu kota besar merupakan pintu gerbang kemajuan Indonesia bagian barat. Atas dasar itulah arah pembangunan yang diprioritaskan Pemko Medan yakni meningkatkan daya saing, peningkatan sumber daya manusia (SDM) masyarakat melalui pendidikan, perekonomian, industri, UMKM, pariwisata serta beberapa hal penting lainnya.

                “Di samping itu berdasarkan letak geografis, Medan berampingan dengan beberapa negara yang yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Menyikapi itulah prioritas pembangunan yang dilaksanakan bagaimana menjadikan Medan menjadi salah satu kota besar yang memiliki peran strategis  bagi Indonesia untuk menjadi pemain utama di era global,” kata Eldin.

                Usai penandatanganan MoU tersebut, baik Kota Medan dan Surabaya sama-sama sepakat untuk meningkatkan kerjasama yang dikuatkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama yang akan dilakukan Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) terkait sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

                Kabag Hubungan kerjasama Setdakot Medan, Rivai Nasution menambahkan, kerjasama yang dilakukan ini dalam rangka meningkatkan pembangunan perekonomian daerah dan pelayanan publik, dimana out put yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat antar kedua kota.

                Selain dengan Kota Surabaya, Rivai mengungkapkan Kota Medan juga secara intens menjajaki kerjasama strategis  dengan sejumlah kota besar lainnya di Tanah Air, seperti Kota Bandung dan Denpasar. “Dengan dukungan semua pihak, insya Allah kerjasama itu dapat segera terealisasi,’ papar Rivai.rel

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS