49719 KALI DIBACA

Eldin Ajak Warga Medan Tuntungan Terus Jaga Kerukunan Umat Beragama

Eldin Ajak Warga Medan Tuntungan Terus Jaga Kerukunan Umat Beragama
Wali Kota ketika menggelar Safari Ramadan di Masjid Al Hidayah Jalan Seroja, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kamis (23/6).
example banner

mediarealitas | Medan

           

Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak warga Kecamatan Medan Tuntungan untuk terus memelihara kerukunan antar umat beragama. Kemudian selalu  menjaga ketentraman dan ketertiban di Kota Medan, serta senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap dinamika sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

            Ajakan ini disampaikan Wali Kota ketika menggelar Safari Ramadan di Masjid Al Hidayah Jalan Seroja, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kamis (23/6). Selain buka puasa, Shalat Magrib berjemaah dan makan bersama,  Safari Ramadan juga diisi dengan tausiah Al Ustadz Drs Abidin Azhar, pemberian bantuan sebesar Rp.40 juta kepada BKM Al Hidayah serta santunan anak yatim.

            Selain itu Eldin berharap menjadikan bulan Ramadan ini sebagai momen untuk memperkuat dan meningkatkan partisipasi semua dalam pembangunan kota. Artinya, semua elemen masyarakat untuk turut menjaga kebersihan  dan kelestarian lingkungan, memenuhi kewajiban perpajakan serta secara terus partisipatif mendukung pembangunan prasarana dan sarana lingkungan.

            “Di bulan yang suci dan penuh rahmat ini, saya mengajak kita semua untuk selalu memelihara kerukunan antar umat bergama, menjaga ketentraman dan ketertiban di Kota Medan serta meningkatkan kewaspadaan terhadap dinamika sosial yang terjadi di masyarakat”, kata Eldin.

            Selanjutnya Eldin  berpesan warga yang hadir untuk memperhatikan berbagai aktifitas masyarakat di lingkungan masing – masing,, sebab saat ini banyak terjadi kasus- kasus yang menarik perhatian seperti kekerasan terhadap perempuan dan anak, peredaran narkoba dan penyalahgunaan narkoba serta aksi premanisme.

            “Untuk itu saya minta kepada camat, lurah, kepala lingkungan dan kita semua agar semakin peka dan sensitif terhadap dinamika sosial masyarakat yang mungkin saja dapat menimbulkan dampak negatif, tentunya kita tidak menginginkan kasus – kasus yang terjadi daerah lain terjadi di Kota yang kita cintai ini,” ungkapnya mengingatkan.

            Terkait dengan Safari Ramadan yang dilakukan ini, Eldin menjelaskan tujuannya dalam rangka semakin mengefektifkan dan mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan Kota yang telah direncanakan. Artinya, Pemmko Medan sangat membutuhkan  saran dan masukan serta ide – ide inovatif  dari seluruh element masyarakat.

            “Silaturahmi Ramadan ini juga merupakan salah satu wujud cerminan  bahwa  Medan Rumah Kita, oleh sebab itu kita yang harus senantiasa memperbaiki berbagai kekurangan yang masih ada guna memajukannya bersama – sama,” jelasnya.

            Di kesempatan itu Eldin tak lupa mengingatkan, memasuki pertengahan sampai nanti menjelang akhir Ramadan, terdapat malam lailatul qadar  yaitu malam yang paling mulia diantara 1000 bulan. Atas dasar itulah Eldin mengajak untuk menjadikan Ramadhan sebagai momen dan kesempatan untuk mengevaluasi sikap, perilaku serta kinerja. “Selanjutnya evaluasi itu dijadikan pedoman dan acuan dalam memperbaiki diri terutama hubungan kita dengan Allah dan  hubungan kita dengan sesama manusia,” pesannya.

            Sementara itu Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia Putra Ginting  menyampaikan ucapan trima kasih karena Wali Kota masih meluangkan kesempatan untuk melaksanakan Safari Ramadan di Kecamatan Medan Tuntungan.Dikatakannya, dirinya beserta seluruh jajaran dan masyarakat siap mendukung seluruh program Pemko Medan, termasuk memelihara kerukunan antar umat beragama.

            “Meski heterogen namun masyarakat di Kecamatan Medan Tuntungan selalu menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai perbedaan. Itu sebabnya masyarakat hidup dengan tenang dan penuh kerukunan. Perbedaan ini selanjutnya  menjadi modal dasar dalam mendukung seluruh program pembangunan yang tengah dijalankan Pemko Medan,” jelas Gelora.

            Safari Ramadhan ini turut dihadiri Ketua Pengadilan Agama Kota Medan, Naskah Permata Intan SH, Al Ustad Drs Abidin Azhar, Ketua BKM Al Hidayah Sumarwardi, sejumlah pimpinan SKPD diantaranya Asisten Umum, Ikhwan Habibi Daulay, Kadispenda M Husni, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, ibu-ibu pengajian serta pewakaf masjid Al Hidayah, Malam Ikut Tarigan

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS