IKLAN YARA

Waspadai, Bintik Hitam di Mata Usai Lihat GMT

oleh -119.489 views
UPDATE CORONA

Medan | mediarealitas

Usai menyaksikan Gerhana Matahari Total, sebaiknya waspada bila merasakan tanda-tanda mata terkena dampak fenomena tersebut. Salah satu yang perlu dicermati yaitu muncul bintik hitam yang menghalangi pandangan kita. Itu menandakan area penglihatan kita terbakar.

“Yang paling kami takutkan kalau dari sisi kesehatan mata adalah kerusakan retina. Panjang gelombang dalam kondisi normal saja kita sengaja menghindarinya. Apalagi ini? Jika tak segera ditangani yang ditakutkan adalah terjadinya solaria retinopati,” kata Dokter Mata dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (RSCM FKUI), Dr Gitalisa Andayani, SpM(K) kepada Health Liputan6.com pada Rabu (9/3/2016).

BACA JUGA :   Polsek Cengkareng Gelar Latihan Antisipasi Penanganan Banjir

Banyak kasus, lanjut dia, bintik hitam itu selalu menetap. Jika bintik itu ada terus di mata berisiko mengalami luka bakar dan scar retina akan terjadi.

BACA JUGA :   Cek Jalur Batu Bara Bajubang-Tempino, Kapolda Nilai Belum Layak Namun Tidak Ada Pilihan

“Memang ada yang balik lagi atau kembali ke kondisi normal tanpa diobati. Tapi cuma per sekian persen. Lebih banyak bintik hitam itu menetap malah tak jarang membuat mata terluka.” ujar Gitalisa.

Karena berisiko mengalami gangguan inilah Gitalisa berharap pemerintah tak membiarkan masyarakat melihat langsung melainkan mengimbau mereka untuk melihat fenomena gerhana matahari total 2016 di rumah seperti yang pernah ia rasakan dulu saat GMT pada 1980-an.

BACA JUGA :   Mengidap Demensia, Pengemudi Mercy Lawan Arah di Tol JORR

“Sekarang karena ada sosial media, orang berbondong-bondong pengin melihat. Kalau zaman saya dulu, melihatnya lewat TVRI. Atau melihatnya dengan cara tidak langsung,” kata Gitalisa tentang gerhana matahari total 2016.(Lpt.6)