IKLAN YARA

Rugikan Negara Rp4,9 Miliar Dirut dan Direktur Pemasaran Bank Sumut Kembali Diperiksa Kejati Sumut

oleh -143.489 views
UPDATE CORONA

Medan | mediarealitas

Dua direksi PT Bank Sumut kembali menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut), terkait pengadaan 294 unit mobil dinas (mobnas) operasional bank milik Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu).

Dalam persoalan tersebut, diduga, terjadi dugaan korupsi atas kemahalan (mark up) harga Rp3 miliar biaya sewa mobil dinas tersebut. Adapun kedua pejabat tinggi di Bank Sumut itu adalah Direktur Utama (Dirut) Eddie Rizliyanto dan Direktur Pemasaran, Ester Junita Ginting.

Pantauan mediarealitas.com dilapangan, Eddie dan Ester tiba di Gedung Kejati Sumut pada pukul 09.00 WIB, hingga selesai diperiksa sekira pukul 17.00 WIB.

Kepala Seksi (Kasi) Penyidik Kejati Sumut, Novan Hadian, kepada wartawan mengatakan, pemeriksaan tersebut adalah pemeriksaan lanjutan, yang mana, nantinya seluruh pejabat Bank Sumut yang terkaitdalam persoalan itu, nantinya akan dilakukan pemanggilan kembali.

Novan mengatakan, Eddie dan Ester diperiksa dalam kapasitasnya sebagai direksi. Mengenai penetapan tersangka, lanjut Novan, nantinya akan dilakukan ekspos.

BACA JUGA :   Jadi Kurir Sabu, Remaja 16 Tahun di Langsa Diciduk Polisi

Selain itu, dalam kasus tersebut, pihak penyidik Kejati Sumut telah melakukan gelar perkara pada, Kamis (25/2/2016) lalu.

Kasus dugaan korupsi ini terjadi pada 2013-2014 lalu. Dalam proyek dimaksud, ada mobil kelas Premium yang anggarannya diduga mark up, yakni Toyota Camry dan Mitsubishi Pajero Sport.

Ditemui terpisah, seorang sumber dari Tim Penyidik Kejatisu membeberkan, Eddie Rizliyanto dan Ester Junita Ginting, sudah menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

Keduanya dimintai keterangan tentang tata cara pengadaan mobnas di Bank Sumut senilai Rp17 miliar, yang bersumber dari Rencana Anggaran Kerja (RAK) tahun 2013.

Sumber membeberkan, dalam penyidikan itu, penyidik Kejati Sumut fokus menelusuri pengadaan 294 unit mobnas untuk staf penagihan, kepala unit dan direksi.

“Ada 6 jenis mobil dalam pengadaan kendaraan dinas itu, seperti Camry, Pajero Sport, Innova, Toyota Rush, Avanza dan Xenia,” sebutnya.

BACA JUGA :   Wisudawan STIE & STMIK Jayakarta Diharapkan Sebagai Profesional

Dalam kasus itu, penyidik menaksir kerugian negara mencapai Rp4,9 miliar. Tapi, untuk kepastian kerugian negara dalam kasus dimaksud, penyidik akan melakukan kordinasi dengan tim auditor Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumut.

“Untuk modus dalam kasus ini, telah terjadi kemahalan (mark-up) uang sewa kenderaan dinas Bank Sumut. Namun penyidikan akan dikembangi lagi,” tutur sumber.

Lebih lanjut, sumber menyebutkan, penyidik Kejati Sumut memeriksa lima saksi dari Bank Sumut sejak Senin (25/1) lalu. Tapi, kelima saksi mangkir dari pemanggilan penyidik untuk dimintai keterangannya.

“Tidak hadir 5 saksi itu, tapi penyidik akan menjadwal ulang pemeriksaan kelima saksi itu untuk dimintai keterangan,” sebut sumber.

Sumber menyampaikan, tim penyidik sudah melakukan ekspos internal sehingga statusnya ditingkatkan dari penyeledikan ke penyidikan dalam kasus korupsi tersebut. ”Mereka (penyidik-red) sudah melakukan ekspos internal juga,” jelas sumber.

BACA JUGA :   24 Tahanan LPKA Jambi Lari, 19 Berhasil di Tangkap 5 Lagi Hilang Jejak

Sumber menambahkan, status dalam proses pengusutan kasus korupsi adalah penyidikan (DIK). Kini, penyidik tengah mendalami penyidikan untuk mengetahui keterlibatan para direksi Bank Sumut dalam korupsi proyek tersebut.

“Kepala tim (Katim) Penyidikannya, R.O Penggabean. Ini bukan penyeledikan (LID), tapi sudah masuk penyidikan (DIK),” cetus sumber kembali.

Dalam penyidikan kasus korupsi itu, tim penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Sumut, sedang membidik sejumlah petinggi di Bank Sumut untuk dijadikan tersangka. Tapi, penyidik tengah melengkapi dua unsur alat bukti berupa keterangan saksi dan bukti-bukti.

“Penyidik Kejati Sumut sebentar lagi, mengumumkan nama-nama tersangka dalam kasus. Tidak lama lagi dan secepatnya diumumkan tunggu aja lah tanggal mainnya, bang,” tandas sumber, mengakhiri. (Ris)

Ket. Gambar : Direktur Utama (Dirut) PT. Bank Sumut,Eddie Rizliyanto, dan Direktur Pemasaran, Ester Junita Ginting.