IKLAN YARA

PRSU ke-45, Samosir Pamerkan Produk Unggulan

oleh -104.489 views
UPDATE CORONA
Pangururan | mediarealitas
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir turut serta memeriahkan Hari Ulang Tahun Provinsi Sumatera Utara yang ke-68 Tahun 2016. Andil dalam ajang potensi dan promosi pada Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-45 itu dengan memamerkan pelbagai produk unggulan daerah.
Hal itu dikatakan Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Samosir, Victor Sitinjak, kepada wartawan, baru-baru ini, di ruang kerjanya. Samosir tampil selama berlangsungnya PRSU dari tanggal 18 Maret s/d 18 April 2016 mendatang di Arena PRSU Komplek Tapian Daya Medan.
Dijelaskan Victor, Kabupaten Samosir yang mempunyai motto “Satahi Saoloan” itu, senantiasa setiap tahunnya mengikuti kegiatan pameran tahunan yang bergengsi di Sumatera Utara (Sumut) itu untuk mempromosikan hasil dan potensi daerahnya.
Karena, menurut Victor, ajang PRSU sebagai media promosi, edukasi dan rekreasi, juga sebagai ajang potensi dan promosi ekonomi dan bisnis.
“Dalam profil Kabupaten Samosir masih ada peluang investasi yang sangat dibutuhkan daerah pimpinan Rapidin Simbolon Menuju Samosir Sejahtera, misalnya seperti pembangunan pariwisata Danau Toba sebagai Monaco of Asia,” kata Victor.
Dalam kegiatan PRSU Ke-45, Stand Pemkab Samosir memamerkan berbagai produk unggulan daerahnya dan salah satu pengunjung akan mendapatkan sebuah leaflet Samosir Tourism Guidance, yang menyajikan informasi penting seputar objek wisata unggulan semisal Pantai Pasir Putih Parbaba, Aek Rangat (hot spring), Aek Sipitu Dai, Batu Hobon, dan Makam Raja Sidabutar.
Tidak hanya itu, aneka kuliner khas suku Batak, wisata olahraga hingga daftar akomodasi dan restoran juga tertera di disitu.
Victor menyebutkan, bisa dibilang, leaflet tersebut cukup informatif menyajikan potensi wisata Samosir untuk menarik minat pengunjung mewujudkan kunjungan wisata ke pulau nan elok itu.
“Aneka kerajinan ukiran dari kayu tertata rapi di rak-rak kayu kecoklatan. Beberapa kain tenunan khas adat Batak, bahan pakaian dan selendang tersampir rapi dengan corak dan warna yang mengundang decak kagum,” terang Victor.
Bukan itu saja, lanjut Victor, beberapa hasil bumi dengan kualitas terbaik seperti beras, kacang tanah, bawang merah, kemiri dan kopi turut dipamerkan di stand dimaksud.
“Selain itu, beberapa produk makanan olahan seperti kacang rondam, kue bawang, selai mangga dan durian, ikan pora-pora kering, kopi Samosir serta kopi losung juga ada,” tandas Victor. (J.Pandiangan)

 

BACA JUGA :   Terkait Dugaan Suap, Bupati Muba dan Lima ASN Ditangkap KPK