IKLAN YARA

Pemko Medan Siapkan 1000 lebih Personil Tertibkan Pedagang Sutomo

oleh -111.489 views
UPDATE CORONA

Medan | mediarealitas

Pemerintahan Kota Medan akan mempersiapkan 1000 lebih personil untuk menertibkan pedagang kaki lima (PK5) Jalan Sutomo Medan. Hal ini tertuang pada rapat pembahasan penentuan sikap Pemko Medan terhadap pedagang Sutomo, Jumat (11/3) di gedung Balai Kota Medan.

Dalam rapat tersebut diputuskan, Pemko Medan mengambil sikap tegas agar jalan Sutomo dan sekitarnya harus bersih dari pedagang kaki lima.  Untuk itu seluruh pedagang informal yang menggelar lapak di sana harus ditertibkan.

                Rapat ini dipimpin Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi.  Selain seluruh SKPD terkait, rapat juga dihadiri perwakilan dari Polresta Medan, Dandim 0201/BS dan Denpom I/5 Medan. Dalam rapat ini dibahas sejumlah strategi  yang akan dilakukan, sehingga hasil penertiban lebih maksimal guna mengembalikan Jalan Sutomo dan sekitarnya menjadi fasilitas umum.

                “Jadi dasar penertiban yang kita lakukan ini bukan karena demo yang dilakukan para pedagang kemarin.  Penertiban ini semata-mata  dilakukan untuk penegakan perda.  Di samping itu kita ingin mengamankan aset daerah (Jalan Sutomo dan sekitarnya)  dan mengembalikan fungsinya sebagai fasilitas umum,” kata Akhyar.

BACA JUGA :   Polisi Bongkar Ganja Seberat 1,370 Ton, 12 Orang Jadi Tersangka

                Akhyar selanjutnya menegaskan, penertiban yang dilakukan ini harus berhasil, tidak boleh gagal seperti beberapa kali penertiban  yang dilakukan sebelumnya. Usai ditertibkan, kawasan tersebut akan dilakukan penataan, baik infrastruktur jalan, drainase yang tersumbat serta membuat sejumlah taman sehingga warga sekitar merasa lebih aman dan nyaman, termasuk pemasangan lampu jalan sehingga Jalan Sutomo dan sekitarnya terang benderang.

                Agar penertiban yang dilakukan ini tidak gagal dan sia-sia, Akhyar pun minta strategi dirubah. Meski demikian dalam melakukan operasi nanti, mantan anggota DPRD Medan itu menekankan untuk meminimalisir ekses dari penertiban namun hasil yang diperoleh maksimal. Di samping penertiban dilakukan terbuka, artinya  seluruh personel yang ikut penertiban menggunakan pakaian dinas.

                Selanjutnya saat Akhyar mengevaluasi kekuatan personel yang akan diturunkan, terungkap lebih 1.000 personel akan mensterilkan kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya dari pedagang kaki lima. Perinciannya, 300 personel Satpol PP, 150 petugas Dinas Perhubungan, 50 petugas PD Pasar serta ditambah lagi dengan 500 orang kepala lingkungan.

                “Jumlah ini akan bertambah lagi, sebab pada saat melakukan penertiban nanti kita akan didukung tambahan personel dari Polresta Medan, Kodim 0201/BS serta Denpom I/5 Medan. Sedangkan yang memimpin penertiban adalah Kasatpol PP Kota Medan. Dengan kebersamaan dan dukungan ini, insya Allah penertiban yang dilakukan ini berhasil,” ungkapnya.

                Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan menyatakan kesiapan seluruh personelnya untuk melakukan penertiban. Ditambah lagi dengan dukungan personel dari Polresta Medan, Kodim 0201/BS dan Denpom I/5 Medan, Sofyan optimis penertiban kali ini maksimal. Dengan kekuatan lebih dari 1.000 personel setiap harinya, kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya diyakininya akan bersih darin pedagang kaki lima.

BACA JUGA :   Polda Riau Gulung Praktek Judi Online, 59 Tersangka Diciduk

                Disamping dukungan personel, Sofyan juga minta bantuan dinas terkait Dinas Kebersihan, Dinas Bina Marga dan Dinas Pertamanan untuk menurukan peralatan seperti truk guna mendukung efektifitas dan kelancaran penertiban. “Keberadaan truk diperlukan untuk mengangkut dagangan para pedagang yang ditertibkan nanti,” jelas Sofyan.

                Kinginan Pemko Medan untuk ‘membersihkan’ pedagang kaki lima dari Jalan Sutomo dan sekitarnya juga mendapat dukungan penuh dari perwakilan Polresta Medan, Kodim 0201/BS dan Denpom I/5. Masing-masing perwakilan menyatakan siap membantu sehingga Jalan Sutomo dan sekitarnya kembali menjadi fasilitas umum.