IKLAN YARA

Mahasiswa UGM Ciptakan Plastik organik dari Biji Durian

oleh -132.489 views
UPDATE CORONA

Limbah plastik dikenal sangat sulit terurai, sehingga banyak pihak berusaha untuk mencegah bertambahnya limbah tersebut. Pemerintah Indonesia bahkan telah menerapkan program tas plastik berbayar agar masyarakat sadar bahaya limbah ini untuk lingkungan. Kondisi inilah yang tampaknya menginspirasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Baru-baru ini, sejumlah mahasiswa asal UGM menciptakan plastik organik yang ramah lingkungan. Menariknya, plastik ini dibuat dari biji durian. Biji durian ii diolah sedemikian rupa sehingga menjadi plastik organik.

BACA JUGA :   Kapolresta Pekanbaru Ungkap Kasus Pembunuhan di Hotel Holiday

Biji durian dipilih karena kadar tepung patinya mencapai 50 persen dari berat total. Biji durian pun dinilai lebih efektif daripada bahan lainnya untuk dijadikan plastik organik.

BACA JUGA :   Jual Chip Domino, Pedagang Toko Kelontong di Aceh Timur Diciduk Polisi

“Tapi hasil uji laboratorium kami membuktikan plastik dari biji durian ini mampu lebih cepat menyerap air ketimbang plastik biasa,” ujar Annisa Fahria Rofi, salah satu anggota penelitian pada Jumat (11/3/2016) seperti dilansir Tempo. “Meski daya serapnya hanya 0,01 mililiter per hari.”

BACA JUGA :   Terkait Dugaan Suap, Bupati Muba dan Lima ASN Ditangkap KPK

Saat ini, mereka masih berusaha untuk melakukan penelitian lebih lanjut agar plastik organik ini memiliki tingkat elongasi tinggi. Sehingga plastik tersebut memungkinkan untuk diolah menjadi bahan tas kresek. “Agar bisa jadi bahan plastik kresek,” tandasnya. (wk

Read more: http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00104438.html#ixzz42bqdjjX9