IKLAN YARA

Komunitas Wartawan Sibolga-Tapteng Tuntut Walikota Copot Kadis PU Sibolga 

oleh -94.489 views
UPDATE CORONA
Sibolga | mediarealitas
Puluhan warga yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Sibolga-Tapteng, menggelar demo di depan Kantor Walikota Sibolga, hari kemarin. Dalam aksi itu, warga meminta Walikota Sibolga Drs Syarfi Hutauruk untuk mencopot Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Kota Sibolga, Ir Marwan Pasaribu dari jabatannya.
Pasalnya, oknum Kadis PU tersebut diduga keras melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan keuangan negara, terkait pelaksanaan proyek Rigit Beton dengan biaya puluhan miliar, dari APBD Kota Sibolga, Tahun Anggaran 2015.
“Dugaan terjadinya korupsi proyek rigit beton itu, karena Marwan Pasaribu tidak menaati peraturan pekerjaan jalan rigit beton yang berlaku, sehingga pengerjaan pada proyek itu tidak sesuai kontrak,” seru Koordinator Aksi Lapangan (Korlap), Herbertor Sitohang, dalam aksinya tersebut.
Antara lain, lanjutnya, penyelesaian pekerjaan tidak tepat waktu, dugaan pengurangan volume pekerjaan, adanya dugaan manipulasi progres report pada pembayaran dana proyek pada akhirnya Desember 2015 lalu.
Herbertor Sitohang menerangkan, pengerjaan proyek rigit beton tersebut belum mencapai 15 persen. “Proyek rigit beton yang baru selesai dikerjakan, sudah ditambal,” sebutnya, seraya membeberkan, dugaan permainan lainnya, menyangkut proyek di Dinas PU Kota Sibolga.
Karena itu, lanjutnya, diminta kepada Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk, agar mencopot Kadis PU Kota Sibolga Marwan Pasaribu.
“Selain itu, kita juga mendesak Kapolresta Sibolga untuk mengusut tuntas korupsi tersebut,” tegas Herberto Sitohang.
Usai orasi, Sekdakot Sibolga, M Sugeng didampingi Kepala Kantor (Kakan) Satpol PP, Singkat Sijabat, menerima perwakilan massa di ruang kerjanya. “Amanah ini akan kita sampaikan ke Pak Wali,” tukas Herbertor Sitohang.
Aksi yang dilakukan puluhan warga, tergabung dalam Komunitas Wartawan Sibolga-Tapteng itu berjalan aman dan tertib dengan pengawalan ketat dari petugas Polresta Sibolga. (hac)
BACA JUGA :   Kenang Jasa Pahlawan, Kemenkumham Tabur Bunga Di Teluk Jakarta