IKLAN YARA

Eldin Canangkan Gerakan Makan B2SA

oleh -100.489 views
UPDATE CORONA

Medan | mediarealitas

            Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S,M.Si mencanangkan Gerakan pemberian makanan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) dan makanan tambahan bagi anak-anak sekolah Dasar , serta Pembinaan Kantin sekolah Dasar kota medan tahun 2016, yang dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri No.064966, SDN No.060875 dan SDN No.060872 Kelurahan Tegal Rejo Kecamatan Medan Perjuangan, Kamis (3/3).                                                                                                                                             pencanangan gerakan Pemberian Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) dan makanan tambahan ini diwakili oleh Sekretaris Daerah kota Medan Ir.Syaiful Bahri didampingi kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Medan Ir.Emilia Lubis, Camat Medan Perjuangan Dedi Djaminsyah Putra ,SSTP,MSP, para Kepala Sekolah, Guru-guru, PKK Kelurahan.                                                                    

Syaiful Bahri, juga menyerahkan bantuan kepada Pembinaan Kantin Sekolah Dasar pada 3 Kantin SDN No.06496, SDN No.060875, dan SDN No.060872, selain itu, menyerahkan bantuan Pemberian makanan tambahan bagi Balita Rumah Tangga Rawan pangan kepada 180 orang bali di 5 Kelurahan, yakni Kelurahan Hamdan, Kelurahan Martubung, Kelurahan tanjung Sari, kelurahan Sempakata dan kelurahan Petisah.                                                                                                                               

Kemudian Syaiful bahri, menyerahkan bantuan sarana Kebun Sekolah Dasar kepada 6 Sekolah Dasar di 2 Kecamatan , yakni Kecamatan Medan Jiohor dan Kecamatan Medan Deli. Selanjutnya Syaiful Bahri, menyerahkan bantuan sarana Kelompuk Afinitas Kelompok Mandiri Pangan kepada 1 kelompok, dan menyerahkan bantuan UKM kelompok Dasa Wisma Pangan olahan kecamaan Medan Perjuangan.                                                                                                                                              

Walikota Medan dalam arahannya yang dibacakan Syaiful Bahri mengatakan,kegiatan ini cukup ppenting sebab ini merupakan program Terpadu, sangat terkait dengan kebutuhan kita mempersiapkan sumber daya manusia unggul pada masa yang akan datang. Mutu kesehatan masyarakat terutama pada kelompok usia anak-anak , tentunya akan cukup mempengaruhi kualitas pendidikan yang kita selenggarakan secara keseluruhan, bahkan kedua factor tersebut selalu menjadi bagian dari indicator pokok pembangunan kota yang kita selenggarakan.                                     

Menurutnya, selain kepada anak sekolah dasar, pemberian makanan beragam,bergizi, seimbang, dan aman tentunya juga perlu diberikan kepada ibu hamil, ibu menyusui dan balita, sekaligus sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang divesrsifikasi konsumsi pangan dan keamanan pangan sejak usia dini.                                                                                                              

Ketahanan pangan , merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi Negara sampai dengan perorangan yang tercemin dari tersedianya pangan yang cukup,aman,beragam,bergizi , merata dan terjangkau, serta tidak bertentangann dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat untuk dapat sehat aktif dan produktif secara berkelanjutan. Selanjutnya, untuk mewujudkan ketahanan pangan secara mandiri, tentunya diawali pemenuhan pangan di wilayah dan kelompok terkecil, yaitu mulai dari rumah tangga, kelompokn masyarakat, dan kelurahan sampai pada kota,propinsi , dan nasonal.” Ujar Eldin.                                                                                                                                                                     

BACA JUGA :   Alumni Akabri 89 Gelar Vaksinasi dan Bakti Sosial di Provinsi Banten

Masih adanya dijumpai rawan pangan di beberapa kelurahan, gizi kurang, gizi lebih, dan gizi buruk, karena belum terpenuhinya kecukupan konsumsi pangan. Oleh karena itu, program ketahanan pangan kota Medan ini, harus dipacu terus dengan melkukan sosialisasi tentang konsumsi pangan beragam berbasis pangan local yang aman, guna mendukung terwujudnya visi pembangunan kota yaitu menjadi kota masa depan yang multicultural, berdaya saing ,Humanis, sejahtera dan religius.                                                                                                                                                                                

Ir.Emilia Lubis, selaku Kepala Badan Ketahanan pangan Kota Medan dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan program ini untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan pola pangan yang beragam ,bergizi ,seimbang , dan aman bagi anak Sekolah Dasar., keksua  meningkatkan kualitas komsumsi pangan dan asup[an gizi bagi anak sekolah dasar ,balita ,ibu hamil dan lansia., ketiga meningkatkan kualitas dan produktifitas home industry bidang pangan kota Medan.                                                                                                                                                                                            

 Pemberian makanan beragam,bergizi ,seimbang dan aman bagi sekolah dasar kelas 1 dan 2 dengan jumlah murid sebanyak 300 murid yang dilaksanakan di 3 seklah dasar yakni SDN.N0.064966, SDN No.060875, dan SDN.No 060872 Medan Perjuangan.” Ungkap Emilia.   (LR)                                                               

BACA JUGA :   Tingkatkan Toleransi Umat Beragama, FKUB Pekanbaru Gelar Diskusi Bersama