IKLAN YARA

Cuaca Panas Ancam Tanaman di Kabupaten Dairi

oleh -127.489 views
UPDATE CORONA
Sidikalang | mediarealitas

Dalam kurung waktu satu setengah bulan ini, wilayah Kabupaten Dairi dilanda suasana panas siang dan malam mengakibatkan tanaman muda yakni Cabai, sayur mayur di Desa Pargambiran, Parluasan, Siboban, Jumala, Tumpak Debata, Tanjung Beringin, Parsaoran Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi rusak termakan panas terik.
Banyak tanaman muda siang hari daun dan buahnya layu dan keriting. Lahan pertanian cabai di daerah mereka rusak dan hancur akibat kekeringan, kata B Simbolon, Ranto Sinaga, Bitner Pandiangan warga Desa Pargambiran kepada wartawan, baru-baru ini, di Pargambiran.
Hal sama juga dikeluhkan Hasoloan Matanari, Poster Habeahan, Gamar Silalahi warga Desa Parluasan. Kondisi cuaca satu bulan ini sangat panas.
“Dengan kondisi cuaca seperti ini, potensi datangnya berbagai jenis penyakit tanaman mulai dari kekeringan, daun dan buah keriting dan lain sebagainya. Apalagi saat ini harga cabai anjlok,” katanya.
Sementara, Pantas Sitanggang, Robert Rumahorbo petani Siboban mengatakan untuk mengantisipasi ancaman dari cuaca panas, upaya yang dilakukan melakukan penyemprotan air karena warga desa itu berdekatan sungai.
Dikatakannya, sebagian petani Desa sejauh puluhan kilometer dari sungai sulit mendapatkan air untuk menyemprot tanaman muda milik mereka. (Lorince. P)
BACA JUGA :   Polisi Tangkap 2 Bajing Loncat Curi Muatan Truk Kontainer di Cakung