48519 KALI DIBACA

Randiman: Segera  Manfaatkan Lahan TPU Islam Di Simalingkar B

Randiman: Segera  Manfaatkan Lahan TPU Islam  Di Simalingkar B
example banner

Medan | mediarealitas

            Masyarakat muslim Kecamtan Medan Tuntungan khususunya dan masyarakat Kota Medan umumnya dapat memanfaatkan lahan pemakaman Islam  untuk umum yang terletak di Jalan Bunga Rampe Lingkungn IV Kelurahan Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan, pasalnya Pemerintah Kota Medan telah membebaskan lahan seluas lebih kurang 14 hektar, pengadaan lahan tersebut untuk dimanfaatkan oleh masyarakat umum sebagai Taman Pemakaman Umum (TPU) Islam.

            Pj Walikota Medan Randiman Tarigan didampingi Kepala Dinas Pertamanan  Zukifli Sitepu, Kepala Dinas Kominfi Darusalam Pohan, mewakili Kabag Aset Semi Suharto, Camat Medan Tuntungan Glora Adiputra Ginting, Selasa (16/2) melakukan peninjauan pengadaan lahan TPU Islam di Kelurahan Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan.

            Pj Walikota Medan Randiman Tarigan menjelaskan, lahan pekuburan muslim ini telah dibebaskan pada tahun 2005, pembebasan lahan tersebut merupakan tahap pertama seluas 12 hektar, namun sampai sekarang ini belum dimanfaatkan, dan tahap kedua tahun 2015 kemarin dibebaskan lagi lahan seluas 2 hektar   sehingga total  lauas lahan sekarang ini kurang lebih  14  hektar.

            “ Saya tahu persis pembebasan lahan ini, karena pembebasan lahan tersebut saat saya menjabat sebagai Kepala Dinas Pertamanan, jadi sudah 11 tahun sampai saat ini lahan tersebut belum dimanfaatkan mungkin ada kendala, dan tahun 2015 kemarin dibebaskan lagi lahan seluas 2 hektar, “ ujar Randiman.

            Randiman meminta kepada masyarakat Muslim di Kota Medan  agar bisa memanfaatkan lahan pemakaman ini, lahan  ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Muslim tidak saja warga kecamatan Medan Tuntungan tetapi seluruh masyarakat muslim di Kota Medan, nantinya pengelolahan pekuburan ini adalah Dinas Pertamanan Kota Medan, masyarakat yang akan memanfaatkan lahan pekuburan ini dapat berhubungan dengan Dinas Pertamanan Kota Medan.

            Menurutnya, dengan adanya pertambahan penduduk  dan yang pulang kerahmatullah akan semakin banyak tentunya lahan yang telah tersedia  akan semakin padat, tentunya pemerintah akan berupaya memperluas lahan pekuburan tersebut. “ Untuk sementara ini lahan pekuburan muslim ini segera dimanfaatkan dulu bila nantinya kedepannya perlu dilakukan perluasan kita segera memperluasnya lagi, “ ujarnya.

            Ditambahkan, seperti lahan pekuburan Kristen yang ada di Kelurahan Simalingkar B lingkungan V seuas 5 hektar saat ini sudah penuh, dan pemerintah Kota Medan telah menambah lahan lagi seluas 2 hektar sehingga total luasnya saat ini menjadi 7 hektar, untuk sementara ini tidak ada masalah lagi baik pekuburan Islam yang akan segera di manfaatkan maupun lahan pekuburan Kristen yang sudah ditambah luasnya.

            “ Urusan pemakaman nantinya di Simalingkar B ini baik Islam maupun Kristen tidak akan memberatkan, tarifnya sesuai dengan Pertauran Daerah (Perda) dengan melakukan perpanjangan setiap tiga tahun sekali, “ jelas Randiman.

            Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan Ir Zulkifli Sitepu mengatakan, dengan adanya pemanfaatan lahan pekuburan muslim ini pihak Dinas Pertamanan mulai hari ini  segera melakukan penataan lahan termasuk penerangan mulai dari jalan masuk sampai ketempat pemakaman, juga lahah yang prioritas yang bisa digunakan, agar nantinya masyarakat muslim dapat segera secepatnya memanfaatkan lahan ini.

            Menurutnya, operasional pelaksanaan lahan pemakaman ini  tentunya ada mandornya secara struktur ada kepala seksi dan kepala bidang, namun Dinas Pertamanan tetap bersinergi  dengan TRTB, dan Kecamatan Medan Tuntungan, karena masalah  lahan yang selama ini belum dimanfaatkan masih dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bercocok tanam. “ Jadi kita tetap bersinergi dengan Kecamatan, Lurah, serta Kepala lingkungan dan TRTB yang membebaskan lahan ini, “ ujar Zulkifli.(LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS