Bangun Tugu Jamin Ginting, Pemko Medan Anggarkan Rp.1 Miliar

oleh -53.489 views

IDUL FITRI

Medan | mediarealitas

Pemerintah Kota Medan berencana akan melakukan pembangunan tugu/patung Letnan Jenderal Jamin Ginting di kawasan Jalan Jamin Ginting persis didekat Fly Over Simpang Pos Medan.

Rencana pembangunan tugu Jamin Ginting sendiri dianggarkan di Dinas Pertamanan Kota Medan sebesar Rp 1 Miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2016 mendatang.

“Anggarannya Rp.1 Miliar ditampung dalam APBD 2016,” Jelas Kepala Dinas Pertamanan Kota Medan Zulkifli Sitepu, dalam rapat pembahasan RAPBD 2014, Senin (14/10/2015).

Dikatakannya, jika tidak ada halangan pembangunan tugu tersebut akan terrealisasi 2016 yang akan datang.

“Yang kita rencanakan, tugunya seperti tugu Guru Patimpus, tingginya juga seperti itu,” jelasnya.

Adik kandung Wakil Ketua DPRD Medan Burhanuddin Sitepu ini mengatakan, penempatan tugu Jamin Ginting nantinya akan diposisikan di Jalan Jamin Ginting persis dibawah Fly Over Simpang Pos.

“Posisinya di Jalan Jamin Ginting,  dan nantinya juga bisa dilihat dari Fly Over Simpang Pos,” jelasnya.

Untuk pembuatannya, Zulkifli mengakui akan dilakukan oleh sumberdaya manusia di Dinas Pertamanan Medan.

“Yang buat tentunya Dinas Pertamanan, disana ada pematung sekaligus ahli landskap,” jelasnya.

Terlalu Besar

Sementara itu dalam rapat pembahasan, sejumlah Anggota DPRD Medan mempertanyakan dana sebesar itu untuk pembangunan tugu tersebut.

“Kita sangat mendukung pembangunan tugu tersebut sebagai rasa hormat kepada para pahlawan kita. Namun kita juga perlu mengkaji soal anggaran tersebut yanh terlalu besar,” jelas Ketua Komisi D Sabar Syamsurya Sitepu.

Sabar mengungkapkan, pembangunan tugu Jamin Ginting sempat mengemuka ke permukaan dimana sejumkah kelompok masyarakat pernah mengajukan pembangunan tugu ini dengan dana hasil patungan warga.

“Jadi ini juga yang saya dengar ada kelompok masyarakat yang mengajukan pembangunan tugu ini dengan dana inisiatif,” terangnya.

Sabar berpendapat jika memang dana inisiatif dari masyarakat itu ada, alangkah baiknya dana yang dipemko Medan tidak sebesar itu.

“Jadi harus jelas apakah dana masyarakat itu ada atau tidak,” jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Anggota Komisi D Muhammad Nasir yang meminta Pemko Medan tidak juga membangun tugu Jamin Ginting tetapi juga tugu Kolonel Pejo (Brigjend Anumerta Bejo) di kawasan Medan Utara.

“Kita juga meminta Pemko Medan untuk membangun tugu pahlawan revolusi, Kolonel Bejo di kawasan Medan Utara seperti halnya yang akan dibangun dengan Tugu Jamin Ginting,” jelasnya.(LR)