47719 KALI DIBACA

Randiman : Jadikan Deepavali Tingkatkan Keimanan

Randiman : Jadikan  Deepavali Tingkatkan Keimanan
example banner

Medan  | mediarealitas

Meski hujan deras sempat mengguyur mulaimsejak petang sampai malam hari namun tidak mengurungkan niat umat Hindu untuk menghadiri Perayaan Deepavali 5117 Kaliyuga yang dipusatkan di lahan eks Taman Ria Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (14/11). Tercatat lebih dari 5.000 umat Hindu yang berasal dari seluruh penjuru Kota Medan, termasuk Binjai, Deliserdang dan Malaysia hadir untuk merayakan hari kemenangan Rama atas Rahwana tersebut atau juga dilambangkan sebagai kemenangan kebaikan dharma  atas kejahatan (adharma).

Perayaan Deepavali ini ditandai dengan penyalaan pelita suci oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Medan Drs H Randiman Tarigan MAP bersma unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan, perwakilan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Drs I ketut Wiana MAg, Ketua PHDI Sumut, Naran Sami SH, Ketua PHDI Kota Medan, S Siwajiraja ST serta Pembimas Hindu Kantor Kementrian Agama Sumut, Antoni Kuil Sembiring.

Menurut Pj Wali Kota, Perayaan Deepavali ini membawa begitu banyak pesan-pesan moral, pesan berbuat kebaikan, mengajarkan perilaku rendah hati, pelayanan sosial dan sebagainya. Karena itu Deepavali sesungguhnya juga membawa pesan untuk bisa melakukan perubahan-perubahan besar di dalam hidup.

Atas dasar itulah Randiman yakin, melalui Perayaan Deepavali ini, umat Hindu dapat meningkatkan kualitas keimanan dan pembaktian diri. Umat Hindu dapat lebih menata perbuatan, perkataan dan pikiran yang baik. Di smaping itu Perayaan Deepavali jugamengingatkan umatb Hindu untuk terus menjaga keharmonisan hubungan antar manusia dengan Tuhan, dengan sesama mnausia serta dengan alam semesta.

“Hubungan vertikal dan horizontal ini, diharapkan akan melahirkan kehidupan yang abadi dan kebahagiaan sejati,” kata Randiman.

Nilai-nilai kebaikan dan kebajikan dalam Perayaan Deepavalini, ungkap Randiman, sungguh penting artinya dalam membantun Kota Medan. Ibukota provinsi Sumatera Utara ini akan menjadi kota yang bermartabat sekaligus religius jika memiliki pondasi moral yang kuat. Ditegaskannya, pondasi moral itu bukan saja akan membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, tetapi juga akan mendorong untuk menjadi lebih baik lagi pada masa mendatang.

Sebagai kota yang selalu terbuka, Randiman berharap agar Perayaan Deepavali ini dapat menjadikan umat Hindu Kota Medan memiliki filter yang baik terhadap derasnya perkembangan informasi di era gelobalisasi ini, yang akan terus menekan dan bahkan menganggu kerukunan sosial yang sudah dimiliki selama ini,

“Untuk itu mari kita tingkatkan terus koordinasi, komunikasi, dan kerjasama-kerjasama sosial keagamaan, guna memperkuat rasa salnig percaya diantara kita semua,” ungkapnya.

Selanjutnya Randiman mengungkapkan, proses pembangunan yang dilakukan saat ini seluruhnya dibingkai secara partisipatif dan pemberdayaan. Artinya, masyarakat tidak boleh hanya berfungsi sebagai objek , tetapi juga harus sekaligus sebagai subjek pembangunan itu sendiri.

“Jadi melalui hikmah dan pesan Deepavali ini, saya mengajak seluruh masyarakat Kota Medan, khususnya umat Hindu untuk terus meningkatkan partisipasi nyata dalam pembangunan, khususnya di bidang pembangunan sosial budaya, guna meningkatkan ketertiban umum serta kesejahteraan masyarakat,” pesannya.

Di kesempatan itu mantan Kadis Pertamanan dan Pendapatan Kota Medan ini juga tak lupa, mengajak seluruh umat Hindu Kota Medan untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) Wali Kota dan Wakil Wakota Medan pada 9 Desember mendatang. Dukungan itu dapat diwujudkan dengan mendatangi TPS di wilayah tempat tinggalnya masing-masing untuk menyampaikan hak pilih di bilik suara.

Sebelumnya Ketua PHDI Kota Medan, S Siwajiraja ST mengucapkan terima kasih atas PJ Wali Kota karena telah mendukung penuh digelarnya Perayaan Deepavali ini. Diakuinya,  perayaan Deepavali kerjasama PHDI Kota Medan dengan Pemko Medan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan ini telah dilakukan 4 kali. Dari jumlah itu, 2 kali digelar di indoor, sedangkan 2 kali lagi di outdoor.

“Hanya saja dari empat kali perayaan ini digelar, baru tahun inilah Perayaan Deepavali berlangsung sangat meriah dan luar biasa. Untuk itulah saya atas nama seluruh masyarakat India dan umat Hindu Kota Medan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pj Wali Kota Medan. Kita berharap Perayaan Deepavali tahun depan lebih luar biasa lagi dari tahun ini,” harap Siwajiraji.

Kemudian Siwajiraji juga minta kepada PJ Wali Kota agar libur fakultatif bagi umat Hindu yang merayakan Hari Raya Deepavali bisa menjadi libur resmi. Dengan demikian seluruh umat Hindu Kota Medan bisa merasa lebih tenang merayakannya.

Menindaklanjuti himbauan Pj Wali Kota yang menyerukan agar umat Hindu Kota Medan untuk mensukeskan Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Siwajiraja menegaskan seluruh umat Hindu siap untuk menyampaikan hak suaranya. “Mari kita (umat Hindu) beramai-ramai mendatangi TPS untuk menyampaikan hak suara pada 9 Desmeber mendatang,” ajaknya.

Sedangkan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Drs Hasan Basri dalam laporannya mengatakan, berbagai kesenian yang ditampilkan baik tari-tarian maupun musimmulti etnis yang ditampilkan pada Perayaan Deepavali ini dapat memberikan kontyribusi kepariwisataan bagi Kota Medan.

“Kita harapkan Perayaan Deepavali yang dikemas dengan menampilkan keberagaman budaya ini, terutama India dapat menarik perhatisan  wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi Kota Medan. Di samping itu dapat membangun kerukunan masyarakat yang multi etnis dan agama sehingga Kota Medan yang kita cintai ini tetap aman dan kondusif,” ungkap Hasan.

Sebagai ungkapan rasa kegembiraan dan terima kasih umt India Kota Medan atas digelarnya Perayaan Deepavali ini, mereka kemudian memberikan ponade (ulos khas India) kepada Pj Wali Kota Medan serta penutup kepala. Selain Pj Wali Kota, unsur FKPD Kota Medan juga mendapatkan ponade. Selain hiburan tarian dan musik, Perayaan  Deepavali juga diisi dengan pesta kembang api.(LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS