43519 KALI DIBACA

Pemko Medan Semarak 1 Muharram dengan Pawai Obor dan Zikir Akbar

Pemko Medan Semarak 1 Muharram dengan Pawai Obor dan Zikir Akbar
Medan | mediarealitas
Dalam menyemarakan Peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1437 H, Pemko Medan dengan berbagai aktivitas bernuansa Islam.menggelar Pawai Obor, gerak jalan, dan zikir akbar.
Hal ini dikatakan Pj Walikota Medan Drs H Randiman Tarigan MAP dalam talk show yang digelar Dinas Komunikasi dan Informasi bekerja sama dengan INews TV, Senin (12/10) sore.  Dalam acara disiarkan secara langsung oleh INews TV itu,  Randiman memaparkan, kegiatan pada 12 Oktoberr diawali dengan sholat maghtib berjamaah yang juga akan diikuti Plt Gubsu HT Erry Nuradi di Masjid Raya Al Mashun. Setelah itu akan dilanjutkan dengan Pawai Obor dari Majsid Raya ke Masjid Agung.
“Keesokan harinya juga akan digelar Zikir Akbar dan doa di Lapangan Merdeka yang juga akan dihadiri oleh Plt Gubsu, HT Erry Nuradi,” ucap Randiman.
Dalam acara yang juga dihadiri narasumber Guru Besar UIN Prof Syahrin dan Ketua MUI Medan Prof M Hatta, Randiman mengajak warga Medan untuk turut memperingati Tahun Baru Islam.
“Peringatan 1 Muharram ini harus menjadi momentum bagi pemerintah, ulama, dan para cendikiawan serta masyarakat untuk bahu membahu untuk membangun Medan hingga menjadi kota yang berperadaban tinggi,” kata Randiman.
Dia juga mengimbaukan, perubahan ke arah yang lebih baik dapat dimulai dari diri sendiri dan hal-hal yang kecil. Misalnya, dengan membuang sampah pada tempatnya. Tindakan yang kecil ini sangat membantu Medan menjadi kota yang bersih.”Apalagi kebersihan itu sebagian daripada iman,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua MUI Medan, Prof Mohammad Hatta mengutarakan, makna hijrah adalah perubahan ke arah yang lebih baik menuju masyarakat yang berperadaban. Perubahan itu juga juga membuat diri menjadi bermanfaat bagi orang lain.
“Sebaik-baik manusia, kata Rasul, adalah yang bermanfaat bagi banyak orang,” ucapnya.
Sedangkan Prof Syahrin menyampaikan apresiasi kepada Pj Walikota Medan yang memperhatikan kehidupan relijius di kota ini. Dia meyakini, Medan akan lebih maju jika dikelola secara relijius.(LR)
example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS