50219 KALI DIBACA

Pansus Bidik Mafia Pajak Reklame

Pansus Bidik Mafia Pajak Reklame
Medan | Tegasberia
Pelaku pembocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemko Medan dari retribusi pajak reklame senilai miliaran rupiah tampaknya harus terungkap. Panitia khusus (pansus) reklame DPRD Medan mengaku akan ‘membidik’ pelaku mafia pajak reklame dan menggiring ke ranah hukum.
 
“Pansus akan mengungkap seterang terangnya siapa pelaku penggelapan pajak reklame. PAD Pemko Medan tahun 2014 dari pajak reklame dilaporkan nihil. Anehnya, Dinas Pertamanan dan Dinas TRTB Medan saling tuding tidak ada memberikan izin, sementara jumlah reklame bertambah subur bahkan menyomak. Ada apa ini, perlu ditelusuri,” tegas salah satu anggota pansus reklame Ir Maruli Tua Tarigan kepada wartawan,  Sabtu (10/10).
 
Dikatakan politisi partai Nasdem ini, pansus akan bekerja maksimal mendorong pihak aparat terkait mengusut dugaan penyimpangan  pajak reklame. Selain itu ke depan, pansus akan mengawal pelaksanaan penegakan Perda dan Perwal yang sudah dkitetapkan. Sehingga kota Medan dapat tertata bagus dan indah. “Itu merupakan target kita, siapa yang bermain harus terungkap, “ terang Maruli.
 
Untuk itu tambah Maruli Tua, kepada Pemko Medan diminta supaya tidak terlalu mudah menerbitkan Perwal yang akhirnya menimbulkan dampak kurang bagus penerapan dilapangan. Seharusnya Parwal dapat dikordinasikan kepada DPRD agar pelaksanaan dapat maksimal.
 
Ditambahkan Maruli, anggota dewan yang tergabung dalam pansus sudah mengantongi data reklame yang tidak memiliki dan melanggar izin. “Tentu, reklame tersebut berdiri mulus karena ada yang ‘memelihara’ dan pajaknyapun mengalir ke oknum pribadi tertentu,” tandas Maruli.
Seperti diketahui, kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak reklame sangat pantastis. Pada tahun 2014 Pemko Medan mentargetkan Rp 60 miliar tapi realisasinya ternyata nihil. Sedangkan tahun 2015 ditargetkan Rp 78 miliar, namun hingga bulan Agustus 2015 realisasi baru mencapai Rp 5 miliar.  
 
Pansus jangan sampai masuk angin
Menyinggung kinerja pansus, anggota komisi D DPRD Medan Ir Maruli Tua Tarigan berharap agar anggota DPRD Medan yang tergabung pansus reklame supaya bekerja profesional. Maruli Tua berharap pansus tidak “masuk angin” sehingga dapat bekerja maksimal sesuai ketentuan dan menata kota Medan lebih idah.(LR)
example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS