46819 KALI DIBACA

Plh Wali Kota Dukung Pembangunan Tugu Almarhum Jamin Ginting

Plh Wali Kota Dukung Pembangunan  Tugu Almarhum Jamin Ginting
example banner

Medan  | mediarealitas

                Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis sangat mengapresiasi dan mendukung penuh rencana pembangunan monumen atau tugu Pahlawan Nasional Letjend Jamin Ginting di seputaran Fly Over Jamin Ginting. Kehadiran tugu itu diharapkan dapat  memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh masyarakat Karo, khususnya generasi muda untuk mengikuti jejak Jamin Ginting dengan terus berkarya dan berupaya membangun Tanah Karo.

                Dukungan ini disampaikan Plh Wali kota ketika menerima audiensi pengurus Yayasan Pahlawan Nasional Jamin Ginting, di Balai Kota, Kamis (10/9). Selain rencana pembangunan  tugu, yayasan juga ingin menggelar Gerak Jalan 10 KM untuk mengenang kembali jasa-jasa almarhum Jamin Ginting. Start dan finish direncakanan akan dilaksanakan di Lapangan Benteng Medan.

                Adapun pengurus Yayasan Pahlawan Nasional jamin Ginting yang hadir diantaranya Letjend (purn) Amir Sembiring, Riana Jamin Ginting (putri kandung Jamin Ginting ) selaku pembina yayasan dan Wakil Pembina Yayasan Alimi Ginting. Mereka diterima Plh Wali Kota didampingi Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Askesmas) Setdakot Medan Erwin Lubis.

                Amir menjelaskan, rencana pembangunan tugu Jamin Ginting akan dilakukan di seputaran kawasan Fly Over Jamin Ginting. Pembangunan tugu ini dilakukan untuk mengenang kembali jasa-jasa almarhum yang  telah banyak berjuang untuk negeri ini, termasuk pembangunan Kota Medan. “Salah satu sumbangsih almarhum untuk Kota Medan dengan pendirian Universitas Sumatera Utara (USU),” kata Amir.

                Di samping itu kata mantan Pangdam XVII/Cendrawasih itu, pembangunan tugu juga dilakukan untuk mememperingati 1 tahun diangkatnya Jain Ginting sebagai Pahlawan Nasional. “Untuk itulah kami minta dukungan Plh Wali Kota sehingga pembangunan tugu almarhum Jamin Ginting dapat kita lakukan. Dengan demikian masyarakat kota Medanm, terutama warga Karo dapat mengenal lebih jauh sosok almarhum Jamin Ginting,” ungkapnya.

                Kemudian Amir juga menyatakan keinginan yayasan untuk memasukkan Jalan Jamin Ginting dalam catatan MURI, sebab Jalan Jamin Ginting merupakan satu-satunya jalan terpanjang di Indonesia karena panjangnya mulai dari Kota Medan sampai Tanah Karo. Semua itu dilakukan sebagai bentup a[presiasi dan terima kasih atas perjuangan yang telah dilakukan Jamin Ginting semasa hidupnya.

                Plh Wali kota Ir Syaiful Bahri Lubis menyatakan, Pemko Medan pasti mendukung pembangunan tugu Jamin Ginting di seputaran Fly over Jamin Ginting. Untuk itu mereka akan melakukan rapat koordinasi guna memastikan apakah lahan yang ada nantinya milik Pemkop Medan atau Kementerian Pekerjaan Umum (Bina Marga) karena dibangun di seputaran Fly over Jasmin Ginting.

                “Intinya kita sangat mendukung penuh pembangunan monumen Jamin Ginting, sebab kita tidak boleh melupakan sejarah. Bangsa yang besar harus menghargai sejarah maupun perjuangan yang telah dilakukan para pejuangnya. Di sampinmg itu kita berharap jkehadiran tugu nantinya, mampu memotivasi masyarakat Karo, terutama para generasinya untuk memajukan dan mengambangkan Tanah Karo,” kata Syaiful.

                Apalagi sosok almarhum Jamin Ginting kata Syaiful, sangat berjasa dalam memajukan masyarakat Karo. Dikatakannya, setelah Jamin Ginting barulah banyak masyarakat Karo yang meninggalkan Tanah Karo untuk ingin lebih maju dan berkembang lagi. “Itu sebabnya saat ini  banyak sekali putra dan putri dari Tanah Karo yang hebat-hebat dan tidak diragukan lagi keilmuawannya,’ jelasnya.

                Sebelumnya di tempat yang sama, Plh Wali Kota menerima juga menerima  audiensi panitia Simposium Nasional Akutansi (SNA) XVIII Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara. Selain bersiaklturahmi, kunjungan itu dilakukan untuk mengundang PLH Wali kota menghadiri acara yang akan berlansung selama 3 hari mulai 16 s/d 19 September mendatang.  Direncanakan, kegiatan itu akan dihadiris ekitar 1.000 peserta yang berasal dari kalangan masyarakat ilmiah, praktisi bisnis dan pemerintah dari seluruh Indonesia. (LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS