64619 KALI DIBACA

Narkoba Jenis Baru Mirip Ganja, Penggunanya Bebas dari Jerat Hukum

Narkoba Jenis Baru Mirip Ganja, Penggunanya Bebas dari Jerat Hukum
example banner

SLEMAN  | mediarealitas

Jajaran penyidik direktorat reserse narkoba Polda DIY, menemukan kasus narkotika jenis baru.

Kasus tersebut terungkap saat pihaknya melakukan penangkapan atas empat orang pengguna yang salah satunya di bawah umur.

Dari penyelidikan awal, ke empat pengguna tersebut diamankan pada 24 Agustus di rumah kosan daerah Krapyak dan diduga mengonsumsi narkotika jenis ganja. Akan tetapi saat dilakukan tes urine ke empatnya dinyatakan negatif.

Penyelidikan kepolisian berlanjut dengan mengirimkan narkotika jenis baru tersebut ke Laboratorium Forensik Mabes Polri Semarang.

Dari hasil laboratorium, tanaman herbal mengandung zat Baicaline, yang apabila dikonsumsi akan mendapatkan efek seperti menggunakan ganja.

“Keempatnya tidak kami tahan karena jenis baru ini tidak termasuk dalam tabel narkotika atau psikotropika yang tertuang dalam UU no 35 tahun 2009,” ujar Direktur Reserse Narkoba Polda DIY Kombes Pol Andi Fairan.

Dari pengakuan pengguna, jenis tanaman herbal yang mereka konsumsi bernama Good Shit dan didapat dengan memesan dari pengedar asal Bandung.

Saat ini pihak kepolisian tengah berkoordinasi dengan kementrian kesehatan agar jenis narkoba dengan zat Baicaline dapat dimasukan dalam tabel di Undang-Undang No 35 tahun 2009 tentang narkotika dan psikotropika. (tribunjogja.com)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS