78819 KALI DIBACA

Pangkostrad : Saya Bisa Seperti Ini Karena Pramuka

Pangkostrad :  Saya Bisa Seperti Ini Karena Pramuka
example banner

Medan | Tegasberit

Panglima Komando Strategi Cadangan Angkatan Darat  (Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rahmayadi tidak dapat menahan rasa harus usai menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pramuka ke-54 Tahun 2015, sekaligus penutupan Jambore Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang  Kota Medan di Lapangan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Minggu (30/8).

            Dengan mata memerah dan berkaca-kaca, mantan Pangdam I/BB itu memberi motivasi, sekaligus mengajak ribuan anggota pramuka yang memadati lapangan upacara untuk terus menimba ilmu kepramukaan hingga dapat melanjutkan estafet kepimpinan di masa depan. Sebab, banyak sekali  manfaat yang diperoleh dari kegiatan pramuka.

            “Saya bisa menjadi seperti sekarang ini (Pangkostrad) karena Pramuka, sebab saya dulu juga anggota pramuka seperti adik-adik  sekarang ini. Untuk itulah saya mengajak adik-adik untuk terus mengikuti kegiaran pramuka. Apalagi 15 sampai 20 tahun mendatang, kalianlah yang akan menggantikan kami,” kata Pangkostrad disambut tepukan tangan menggemuruh .

            Mengapa mengikuti pramuka penting bilang Pangkostrad, sebab dalam pramuka diajarkan pembinaan mental, fisik dan berbagai pengetahuan lainnya. Hasil pembinaan itulah yang bermanfaat  sebagai bekal untuk mengisi dan memimpin pelaksanaan pembangunan di masa depan.

            “Melihat adik-adik hari ini, memori saya langsung teringat ketika menjadi anggota pramuka di SMP Angkasa dulu. Apa yang adik-adik lakukan saat ini, juga pernah saya lakukan. Saya pernah berkemah di Haranggaol dan Sibolangit.  Dulu tempat ini (Cadika Pramuka) belum ada. Saya juga pernah dimarahi kakak-kakak pembina, baru belakangan saya rasakan arti marah tersebut. Jadi saya pesan, jika adik-adik dimarahi kakak pembina jadikan itu motivasi untuk belajar lebih giat lagi,” pesannya.

            Selanjutnya Pangkostrad menyatakan,  pramuka memang merupakan kegiatan pelatihan non formal. Namun kegiatan ini tidak kalah penting karena dapat menutupi kekurangan pendidikan yang formal.

             Kemudian kepada para pembina pramuka, Pangkostrad  juga berpesan agar terus melakukan pembinaan kepada anggotanya. “Peran pembina sangatlah penting dalam melahirkan anggota pramuka yang andal dan dapat menjadi pemimpin di masa depan. Saya ingin Pramuka besar,” harapnya.

            Usai menjadi pembina upacara, Pangkostrad menyempatkan diri bernyanyi Lagi-lagi, Edy tidak dapat menyembunyikan keharuannya melihat antusiasnya ribuan anggota Pramuka menyanyi bersamanya. Matanya kembali berkaca-kaca seraya menyerukan,”Salam Pramuka!” Dengan suara agak terbata, dia juga berpesan agar adik-adika pramuka terus belajar dengan giat, gigih serta terus shalat dan berdoa.

            Sebelumnya Plh Wali Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis dalam sambutannya, berharap peringatan Hari Pramuka ini semakin menumbuhkembangkan sifat-sifat pembangunan jiwa dan karakter, khususnya melalui dasa darma yang menjadi pijakan gerakan pramuka, dimana ditemui konsep yang sangat mendasar tentang kecintaan kepada bansga, semangat nasionalisme, kemandirian, kreatifitas , kejujuran dan semangat bekerja keras.

            “Pramuka merupakan media yang sangat cocok bagi pemuda Indonesia untuk mempraktekkan jiwa dan semangat kebersamaan. Dengan nilai-nilai moral gerakan pramuka sangat tepat untuk menciptakan kerukunan sosial di tengah-tengah masyarakat Kota Medan yang multikultural,” ujar Plh Wali Kota.

            Sedangkan Ketua Kwartir  Cabang Gerakan Pramuka Kota Medan H.M Husni SE MSi, sangat mengapresiasi atas kehadiran Pangkostrad. Apalagi memberikan motivasi kepada adik-adik pramuka. Karena itulah pria yang menjabat sebagai Kadispenda Kota Medan itu berharap akan lahir generasi-generasi penerus bangsa yang handal dan tangguh seperti Pangkostrad.

            “Kita tahu Pangkostrad dulu bekas anggota pramuka. Artinya semangat beliau itu akan menjadi magnet sehingga menular kepada adik-adik pramuka, sehingga mereka ke depannya nanti harus tampil di kancah pembangunan Indonesia. Untuk itu marilah kita bersama-sama mendukung pramuka untuk terus maju dan berkembang,”  harap Husni.

            Selain pemotongan nasi tumpeng dan pelepasan balon, peringatan Hari Pramuka juga diisi dengan pemberian piagam penghargaan kepada tokoh-tokoh yang peduli pramuka Kota Medan yang diserahkan langsung Pangkostrad. Penghargaan ini diberikan  karena mereka dinilai menunjukkan kepedulian nyata pada pembinaan dan pengembangan pramuka.

            Adapun tokoh yang menerima penghargaan itu diantaranya mantan Wali Kota Medan, Drs H.T  Dzulmi Eldin S MSi, Ketua KNPI Medan El Adriansyah, Pimpinan harian Waspada H Teruna Jasa Said, Dandim 0201/BSA Letkol Maulana Ridwan,  Danlantamal I, aktivitis Pramuka M Diniyuzar, tokoh lingkungan hidup Dewi Budiarti dan Mora Nasution. Selain itu juga diserahkan juga penghargaan berupa pin kepada penerima Pancawarsa dan tokoh pedulin pramuka Kwartir Cabang Kota Medan 2015.(LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS