59219 KALI DIBACA

Misteri Lukisan Senyum Mona Lisa Akhirnya Terpecahkan

Misteri Lukisan Senyum Mona Lisa Akhirnya Terpecahkan
example banner

Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci mungkin adalah lukisan paling terkenal sepanjang masa, gambaran senyum halus dan menawan berpose memuaskan generasi pecinta seni hingga lebih dari 500 tahun lamanya. Senyum Mona Lisa seolah-olah menyimpan misteri yang tersembunyi, sehingga begitu mempesona dan menebarkan daya tarik kepada para pencinta seni selama ini.

Namun, belum lama ini, para peneliti telah mengidentifikasi semacam ilusi optik yang halus terdapat dalam senyum misterius lukisan itu. Para peneliti berhasil memecahkan salah satu misteri lukisan paling abadi tersebut dengan jalan memeriksa lukisan karya Leonardo da Vinci lainnya yaitu lukisan La Bella Principessa.

Apa yang mereka temukan adalah bahwa da Vinci telah menerapkan ilusi optik halus dalam lukisannya dengan memadukan warna untuk mengeksploitasi peripheral vision pengamat, suatu teknik yang bisa memberikan bentuk penampilan mulut yang berbeda tergantung pada bagian mana pengamat lukisan berfokus.

Pada lukisan La Bella Principessa misalnya, bentuk mulut tampaknya kemiringan ke bawah bila dilihat secara langsung dari dekat namun ketika diamati secara tidak langsung, lukisan tersebut menebar senyum yang sungguh mempesona. Da Vinci diyakini telah menerapkan teknik yang sama ini ketika ia melukis Mona Lisa.

“Seolah-olah senyum itu menghilang secepat pengamat mencoba untuk ‘menangkap’, teknik ini telah dikenal sebagai ilusi visual ‘uncatchable smile‘,” tulis para peneliti dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Vision Research.(VV))

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS