69219 KALI DIBACA

Medan Belawan Raih Raskin Award 2014

Medan Belawan Raih Raskin Award 2014
example banner

Medan | mediarealitas

                Kecamatan Medan Belawan mendapatkan penghargaan Raskin Award dari Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi di pendopo rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Selasa (16/6). Penghargaan itu diberikan karena Medan Belawan menyandang  predikat sebagai kecamatan terbaik dalam penyaluran raskin tahun 2014 tingkat Kota Medan.

                Selanjutnya untuk peringkat kedua  berhasil ditempati Kecamatan Medan Kota dan disusul Kecamatan Medan Area sebagai juara ketiga. Sedangkan Kecamatan Medan Johor menempati  juara harapan I, Kecamatan Medan Tembung (juara harapan II) dan Kecamatan Medan Sunggal ( juara harapan III).

                Pemberian reward kepada 6 kecamatan yang terpilih sebagai pemenang ini melalui seleksi yang telah dilakukan oleh Tim Raaskin atas keberhasilan kecamatan dalam menyalurkan raskin dengan 4 kategori yaitu penyaluran lancar, pembayaran lancar, administrasi lancar serta koordinasi lancar. Pemberian Raskin Award ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan Pemko Medan, guna memotivasi kecamatan agar bekerja lebih baik lagi dalam mendukung pogram raskin..

                Menurut Wali kota, pemberian penghargaan ini, diharapkan dapat memotivasi kecamatan dalam pelayanan raskin yang lebih baik yaitu tercapainya  indikator  6 T  yaitu tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat harga, tepat administrasi dan tepat kwalitas. Dengan demikian program raskin ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama bagi warga kurang mampu.

                “Pemberian Raskin Award ini sengaja kita lakukan sebagai bentuk apresiasi  sekaligus simbol ucapan terima kasih atas kerja keras  dan keikhlasan yang telah dilakukan seluruh  jajaran Kecamatan dalam mendukung program raskin,” kata Wali kota.

                Dijelaskan Eldin, program beras untuk keluarga miskin (raskin) merupakan salah satu program percepatan penanggulangan kemiskinan pemerintah pada klaster I. Raskin juga merupakan subsisdi pangan yang diperuntukkan bagi warga miskin sebagain upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan kepada keluarga miskin tersebut.

                “Suskesnya penyaluran raskin ini tentunya merupakan kerja keras kita semua, khususnya tim raskin kecamatan yang telah berupaya keras menyalurkan raskin di lapangan, sehingga turut berkontribusi sdalam pengendalian tingkat inflasi di Kota Medan,” ungkapnya.

                Mantan sekda Kota Medan ini kemudian mengucapkan terima kasih kepada Kasub Bulog Wilayah I Medan atas kerjasamanya, sehingga pada tahun 2014 lalu, Pemko Medan dapat menyalurkan raskin kepada rumah tangga sasaran aselama 12 bulan dan penyaluran raskin ke-13, dimana dalam catatatn dapat direalisasikan 100 %  tanpa adanya tunggakan.

                Selain membantu warga kurang mampu kata Wali Kota, penyaluran raskin di Kota Medan berperan besar menekan kenaikan harga beras di pasaran, khususnya menjelasng hari-hari besar keagamaan. Penyaluran raskin ini juga berperan dalam mengendalikan kenaikan inflasi di Kota Medan. Hal ini terbukti dengan relative rendahnya tingkat inflasi Kota Medan tahun 2014 yang menunjukkan angka 6,63 %, yang berarti masih di bawah inflasi nasional sebesar 8,36 %, serta di bawah inflasi Provinsi Sumatera Utara sebesar 8,17 %.

                Untuk itulah Eldin secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Tim Koordinasi Raskin Kota Medan atas kerja kerasnya dalam manajemen penyaluran raskin di Kota Medan. “Saya minta untuk tahun anggaran 2015, agar pelaksanaan penyaluran raskin kepada rumah tangga sasaran dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga masyarakat rumah tangga sasaran dapat terlayani dengan baik.

                Kemudian Wali Kota berharap kepada panitia yang menyelenggarakan raskin award, agar mengumumkan juga kecamatan terburuk dalam penyaluran. Hal ini penting dilakukan agar kecamatan yang bersangkutan termotivasi agar meningkatkan kinerjanya lebih baik lagi pada masa mendatang dengan dasar pengabdian yang seikhlas-ikhlasnya.

                Pemberian Raskinn Award turut dihadiri Kepala Sub Divisi Regional Perum Bulog               Wilayah I Medan, Drs Roy Rahmadi MBA beserta jajaran, Kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota medan Ir Darwis Sitorus MSi, ketua dan anggota Tim Raskin Kota Medan, pimpinan SKPD, serta camat dan lurah se-Kota Medan. (LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS