51619 KALI DIBACA

Wali Kota Buka Medan International Coffe Festival

Wali Kota Buka Medan International Coffe Festival
example banner

Medan | mediarealitas

                Wali Kota  Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSI membuka Medan International Coffe Festival 2015 di Lapangan Merdeka Medan,  Jumat petang  (8/5). Even yang  diikuti peserta dari  luar Kota Medan dan luar negeri ini, diharapkan menjadi  ajang promosi  kopi-kopi  dari  Sumatera Utara yang sudah terkenal kenikmatannya,  termasuk daerah penghasil  kopi  lainnya.

                Diakui Wali Kota, Kota Medan sendiri bukan daerah penghasil kopi. Meski demikian di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini telah banyak tumbuh kedai-kedai kopi baik lokal maupun yang berlevel multinasional. Tentunya dengan tumbuh berkembangnya kedai kopi atau coffe shop ini akan mampu mempromosikan kopi asli Sumatera Utara ke depannya.

                Sebagai Wali Kota Medan, Eldin mengaku merasa snagat bangga karena Kota Medan telah dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Medan International Coffe Festival 2015.  “Semoga Kota Medan dapat memberikan kesan yang baik kepada seluruh peserta yang mengikuti  festival kopi ini,” kata Wali kota.

                Mantan sekda Kota Medan ini selanjutnya menjelaskan, Sumut merupakan salah satu penghasil kopi terbaik dan telah mendunia, diantaranya kopi arabikanya yang khas, kopi mandailing dan lain sebagainya. Karena itu semua potensi yang dimiliki tersebut harus terus dikembangkan.  “Harapan saya festival ini menjadi ajang promosi kopi-kopi Sumut, termasuk daerah penghasil kopi lainnya,” ungkapnya.

                Pembukaan Medan International Coffe Festival 2015 ini turut dihadiri  Konsulat Jenderal (Konjen) India Basir  Ahmed, Konjen Tiongkok Zhu Honghai,  Kadis Perkebunan Sumut Herawati mewakili Gubsu, Mayor Setia Budi mewakili pangdam I/BB, anggota DPD RI perwakilian Provinsi sumut Dedi Iskandar Batubara, Wakil Bupati Oku Selatan, Provinsi Sumatera Selatan Hj herawati Gatot, Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia Safruddin ,  Azizah Fazira selaku  Ketua Panitia Medan International Coffe Festival dan Edi Panggabean selaku Asosiasi Eksportir Industri Kopi Indonesia Sumut.

                Sementara itu sebelumnya Ketua Panitia Azizah Fazira Spd  dalam laporannya mengatakan, Sumut memiliki kopi unggulan seperti Kopi  Silimakuta, Kopi janji Maria, Kopi Dolok Sanggul dan Kopi Karo sudah diakui kenikmatannya oleh dunia industri kopi, baik karakter rasa maupun  cirri khasnya. Namun sayang kenikmatabn kopi-kopi ini hanya diketahui oleh kalangan  tertentu saja. Untuk itulah melalui even Medan Internasional Coffe Internasional ini,  kopi-kopi tersebut ingin dikenalkan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama para pecinta kopi.

                “Setelah sukses mengadakan festival kopi di Taman Ahmad Yani Medan, kali ini kami menggelar di Lapangan Merdeka Medan dengan konten acara yang cukup padat sekaligus untuk edukasi. Selain itu kami juga menggelar fun walk, lomba makan pendamping, North Sumatera  Kopi King & Queen serta kompetisi video kreatif,” jelas Azizah.

                Kemudian Azizah berharap kepada semua masyarakat yang menghadiri festival kopi ini dapat menikmati konsep acara, termasuk mendapatkan papercup gratis yang dapat dilukis sesuai selera seni masing-masing . Selain itu pengunjung juga akan disungguhkan kopi gratis di booth peserta. “Demi sukses dan kelancaran even ini, kita bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan,” paparnya.

Usai membuka Medan International  Coffe Festival, Wali Kota selanjutnya  mencoba kenikmatan kopi asal Sumut yang telah terkenal kenikmatannya  sampai mancanegara. Setelah ditu dilanjutkan dengan peninjauan seluruh stand pendukung even tersebut. Acara  pembukaan ditutup dengan konprensi pers dengan para jurnalis.(LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS