51519 KALI DIBACA

Ranperda Persampahan Rampung Buang Sampah Sembarangan Rp. 10 Juta 3 Bulan Kurungan

Ranperda Persampahan Rampung Buang Sampah Sembarangan Rp. 10 Juta 3 Bulan Kurungan
example banner
Medan | mediarealitas
Setelah melewati pembahasan yang cukup lama, akhirnya Panitia khusus (pansus) Rancangan Peraturan (Raperda) Pengelolaan Persampahan Pemko Medan  dapat merampungkan pembahasan. Ketua Pansus Ir Maruli Tua Tarigan usai pembahasan rapat terakhir, kemarin, menyebutkan pengesahan dipastikan dilakukian pada bulan Mei 2015 ini.
“Pembahasan Ranperda , pasal demi pasal sudah rampung, kita harapkan dalam bulan ini sudah disahkan. Saat ini kita tinggal mempersiapkan laporan pansus kepada pimpinan DPRD Medan,” ujar Maruli Tua Tarigan didampingi anggota pansus Drs Daniel Pinem dan Ahmad Arif. Selain anggota dewan rapat ini juga dihadiri Kadis Kebersihan Kota Medan Endar Sutan Lubis dan bagian Hukum Kota Medan Doni.
Dalam rapat pembahasan pansus, nama yang sebelumnya “ranperda pengelolaan sampah” disepakati menjadi ranperda “Pengelolaan Persampahan”. Selain itu, pada pasal 30 ayat 1 menyebutkan, Camat wajib melaporkan pengelolaan sampah secara tertulis ke walikota paling sedikit 1 kali setiap 6 bulan. Pansus merobah menjadi “Camat wajib melaporkan ke Walikota melalui Dinas Kebersihan paling sedikit 1 kali setiap 3 bulan.
Sama halnya pada BAB XVI Ketentuan Pidana di Pasal 35 yang sebelumnya 2 ayat menjadi 3 ayat. Dalam ayat 1 disebutkan “ setiap orang melanggar ketentuan dipidana kurungan 6 bulan dan denda rp 50 juta”. Ayat tersebut dirobah menjadi “ di ayat 1: setiap orang yang melanggar ketentuan dipidana kurungan 3 bulan dan denda Rp 10 juta. Di ayat 2: “ setiap badan yang melanggar ketentuan dipidana kurungan 6 bulan dan denda Rp 50 juta.
Sementara itu, Kadis Kebersihan Kota Medan Endar Sutan Lubis mengatakan, selama ini diakuinya masih lemahnya sanksi dan tindakan bagi yang membuang sampah sembarangan  baik secara individu maupun lembaga. Dijelaskannya juga, besarnya denda yang diterapkan di Perda bukan merupakan tujuan, tetapi harapan agar masyarakat maupun lembaga lebih serius dan peduli terhadap kebersihan.   
Ketua Pansus Ranperda Pengelolaan Persampahan Ir Marulin Tua Tarigan mengatakan, harapannya kepada seluruh warga Kota Medan supaya dapat mendukung penuh pelaksanaan Ranperda Persampahan.
Dikatakan Maruli, hadirnya Ranperda Persampahan di kota Medan yang sebelumnya hanya retribusi dinilai sangat penting dan diharapkan mendukung peningkatan pembangunan di kota Medan. Karena masalah kebersihan, menurut Maruli hal yang penting menuju masyarakat sehat dan menciptakan kota Medan yang bersih dan asri.

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS