62019 KALI DIBACA

Dukung Swasembada Pangan Wali Kota Tanam Benih Padi

Dukung Swasembada  Pangan  Wali Kota Tanam Benih Padi
example banner

walikota menanam padiMedan | mediarealitas

                Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  melakukan penanaman perdana benih  padi di areal persawahan Jalan Harmonika, Kelurahan PB Selayang 2, Kecamatan Medan Selayang, Selasa (12/5).  Penanaman benih padi yang dilakukan di lahan seluas lebih kurang 5 hektar ini dalam rangka mendukung  swasembada pangan di Kecamatan Medan Selayang, termasuk menyokong  swasembada pangan di Kota Medan.

                Diharapkan Wali Kota, benih padi yang ditanam akan menjadi cikal bakal swasembada beras di Kecamatan Medan Selayang. Eldin yakin jika semua secara kolektif mampu menggerakkan diri sendiri dari lini tekecil dengan berupaya menanam bahan makanan sendiri,maka swasembada pangan  dapat terealisasi.

                Di samping itu mantan Sekda kota Medan ini bepesan kepada berbagai elemen yang terlibat dalam mendukung swasembada di Kecamatan Medan Selayang, agar melibatkan masyarakat secara menyeluruh dalam pelaksanaannya, terutama para petani. Sebab, mereka memiliki pengalaman bercocok tanam, khususnya padi sawah.

                Kemudian Wali Kota berharap kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)  Pertanian,  supaya mereka harus mampu menjadi simpul informasi dengan memberikan modul-modul teknologi pertanian, yang dapat membantu para petani mengefisienkan pekerjaannya tanpa harus mengalami penurunan kuantitas dan kualitas produk.

                “Saya juga menghimbau kepada ibu-ibu TP PKK Kecamatan Medan Selayang untuk terus mesosialisasikan tabulapot dan tabulakar kepada masyarakat.  Sosialisasi ini harus dilakukan agar kecamatan Medan Selayang benar-benar mampu memproduksi bahan pokoknya sendiri.  Bahkan nantinya bisa menyokong swasembada pangan di Kota Medan,” kata Wali Kota.

                Penanaman benih padi ini dilakukan Wali Kota langsung bersama unsur Muspika Kecamatan Medan Selayang di areal persawahan yang telah selesai di bajak dan siap tanam.  Benih padi yang ditanam  merupakan benih unggulan dan mempergunakan pupuk organik.  Setelah Wali Kota melakukan penanaman secara simbolis, sejumlah petani langung menyemaikan benih padi  dis eluruh lahan tersebut.

                Menurut Wali Kota, hasil panen di Kecamatan Medan Selayang nantinya  diharapkan untuk mendukung pasokan beras di Kota Medan. Apabila pasokan beras untuk Kota Medan terpenuhi, kemungkinan didistribusikan ke daerah lain yang  kekurangan pasokan beras. “Kita utamakan (panen) dulu untuk memenuhi  kebutuhan beras di Kota Medan,” ungkapnya.

                Eldin sangat mengapresiaasi langkah yang dilakukan Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis karena telah mencanangkan swasembada pangan di wilayahnya dengan menyediakan lahan sekitar 5 hektar untuk ditanami benih unggulan. Wali Kota berharap langkah ini harus diikuti camat-camat lainnya, sehingga upaya menjadikan Kota Medan swasembada pangan terpenuhi.  Sebelum Kecamatan Medan Selayang, Kecamatan Medan Marelan juga telah melakukan penanaman benih padi dalam rangka mewujudkan swasembada pangan.

                Sementara itu Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis mengatakan, penanaman benih padi unggulan ini dilakukan dalam rangka mendukugn  swasembada pangan di Kecamatan Medan selayang. Lahan yang digunakan  sekitar 5 hektar dari 140 hektar  lahan yang ada.  Selain itu ingin memperkenalkan kepada sekitar 500 petani yang ada di Kecamatan Medan Selayang untuk mempergunakan pupuk organik Jago Tani Hantu. Dengan mempergunakan pupuk organic itu, panen yang biasanya dua kali dalam setahun bisa menjadi tiga kali.

                “Insya Allah jika ini dilakukan, maka hasil pertanian bisa meningkat sehingga wasembada pangan di Kecamatan Medan Selayang bisa tercapai,” jelas Sutan.

                Di samping itu tambah Sutan lagi, pihaknya juga memberikan bantuan bibit tanaman kepada masyarakat untuk ditanam di perkarangan rumahnya masing-masing. Selain menghijaukan pekarangan rumah, penanaman bibit tanaman tersebut guna mendukung program Medan  Berhias (bersih, hijau, asri dan sehat).

                Penanaman benih padi ini turut dihadiri anggota DPRD Medan Maruli Tua tarigan,  Prof H Sujimin selaku produsen pupuk organic Ratu Biogen, NPK Jago Tani hantu dan POC hantu, Dandim 0201 BS diwakili Danramil 04/MK Mayor setia Budi, Danramil 07/Medan Tuntungan Kapten CZI Sari Mukdin Purba, Koordinator  PPL Kecamatan medan Selayang  Herlina Sembiring, tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda. Selain menamamm benih padi, Wali kota bersama unsur Muspika Kecamatan Medan Tuntungan melakukan penghijauan di pinggiran Jalan Harmonika. (LR)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS