164219 KALI DIBACA

Zulkarnain : Medan Akan memiliki Jalan Layang Terpanjang di Indonesia

Zulkarnain : Medan Akan memiliki Jalan Layang Terpanjang di Indonesia

Medan | mediarealitas

Diperkirakan awal bulan Februari tahun 20016 Kota Medan akan memiliki Jalan Layang terpanjang di Indonesia, dengan panjang  enam (6) Kilo Meter. Pembangunan jalan layang ini nantinya, berfungsi  untuk menghindari atau mengurai kemacetan di setiap jalan yang dilalui jalur kereta api.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan Zulkarnain kepada wartawan, Selasa (19/1) di ruang kerjanya. Menurutnya, ini merupakan usulan Pemerintah Kota Medan pada Kementrian Perhubungan Republik Indonesia

“Pembangunan jalan layang ini, merupakan usulan kita (Pemko) Medan kepada Kementrian Perhubungan Republik Indonesia dan bekerjasama dengan PT.Kereta Api Indonesia (PT.KAI). jalan layang ini nantinya, terbentang sepanjang 6 Km dengan 60 titik jalan yang dilalui jalur kereta api, mulai dari Stasiun Besar kereta api kea rah Bendara udara Kuala Namo dan Stasiun Besar KA kea rah Kota Binjai”terangnya

Ia juga menjelaskan, pembangunan jalan layang  ini nantinya akan menggunakan dana APBN kurang lebih sebesar Rp.2.8 triliun dan ditaksirkan  siap pengerjaannya menelan waktu selama dua tahun.  Dan diharapkan juga, pembangunan ini nantinya didukung seluruh elemen masyarakat kota Medan. Sehingga, pembangunannya dapat berjalan secara lancar dan cepat selesai.

“Seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat mendukung pembangunan jalan layang tersebut. Karena,  ini bisa dikatakan menjadi kebanggaan dan kado buat masyarakat Sumatera Utara terkhususnya masyarakat kota Medan, dapat  terhindar dari kemacetan yang disebabkan ketika kereta api melintasi jalurnya, melewati jalan-jalan protocol inti kota.”ucapnya.

Selain itu lanjut Zul, sosok  yang memiliki kumis klimis ini, pihaknya tidak hanya mengusulkan atau merencanakan jalan layang saja.  Kedepannya, Pemko Medan juga sudah meminta kepada PT.KAI agar menghidupkan atau mengatifasikan kembali jalur kereta api dari Medan ke Pancur Batu.  Pihaknya juga sudah merencanakan Pembangunan moda transportasi berbasis rel Light Rail Transit (LRT), yang nantinya juga bisa mengurai tingkat kemacatan di kota Medan.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS