40819 KALI DIBACA

Warga Temukan Meriam Peninggalan Pemberian Kerajaan Turki

Warga Temukan Meriam Peninggalan Pemberian Kerajaan Turki

Nagan Raya | Realitas – Warga temukan meriam bekas diduga milik kerajaan Seuneu’am yang merupakan pemberian kerajaan Turki di Nagan Raya di Ujong Raja, Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Rabu (26/12/2018).

Menurut keterangan ahli waris, Tengku Surya (anak dari tuanku Abdullah) Kerajaan Seuneu’am (sekarang kemukiman Seuneuam) pada awalnya dipimpin oleh Sultan Malik Al Fakikh tahun 1487-1530 pusat pemerintahannya di Ujong Raja.

Terkait situs sejarah kerajaan yang sempat berjaya di Aceh itu saat ini terdapat 12 meriam di lokasi yang saat ini hutan berantara dan dikelilingi oleh perkebunan sawit milik perusahaan dan masyarakat.

Tengku Surya menambahkan, selain Meriam, terdapat tangga bekas rumah kerajaan dan di lokasi bekas kerajaan tersebut terdapat beberapa makam orang zaman sebelum merdeka RI, salah satunya makam Tuanku Johan yang tidak diketahui letak pastinya.

Saat ini, meriam berukuran satu setengah meter itu diamankan sementara di Makoramil Darul Makmur, untuk menghindari agar bukti otentik sejarah tersebut tidak diperjualkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, tambah Tengku Surya.

Anggota DPRK Nagan Raya, T.Cut Man, SE yang turun ke lokasi temuan menjelaskan Meriam itu merupakan pemberian Kerajaan Turki, ia mengharapkan kepada Pemkab untuk memberikan bonus kepada penemu meriam tersebut.

“Kita harap Pemda memberi bonus kepada warga yang telah menemukan situs sejarah itu.

Selanjutnya tanah kerajaan diamankan, tidak digarap oleh masyarakat atau perusahaan dilokasi kerajaan diatas tanah 100 hektar lebih,” ungkap Cut Man.

Personel Koramil 06/Darul Makmur Serda Sutopo mengamankan 1 buah Penemuan ini berawal saat ada salah satu warga Angkasa 64 Tahun warga desa Pulo Kruet Kecamatan darul Makmur Nagan Raya menemukan meriam diladang mereka dan melaporkan kepada Babinsa.

Sementara itu Danramil 06/Darul Makmur, Kapten Inf Amrin mengatakan penemuan meriam ini adalah yang kedua kalinya setelah tahun lalu menemukan meriam sejenis.(MJ/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS