46119 KALI DIBACA

Wapadai Cuaca Ekstrim, Rentan Penyakit DBD dan ISPA

Wapadai Cuaca Ekstrim, Rentan Penyakit DBD dan ISPA

Medan | mediarealitas

Kondisi cuaca yang sangat berpariasi maupun cuaca ekstrim sangat rentan menimbulkan banyak penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Pemerintah Kota (Pemko) Medan didesak agar memberikan perhatian serius dan warga tetap waspada.
 
“Cuaca yang tidak stabil harus diwaspadai. Potensi penyakit DBD sangat tinggi. Begitu juga penyakit ISPA karena asap mudah terserang khususnya anak anak. Jika ini tidak disikapi serius sangat berbahaya,” ujar Wakil Ketua Komisi B DPRD Medan Modesta Marpaung AM.Keb, SKM kepada wartawan, Jumat (19/9) menyikapi perubahan ilkim yang berobahobah di Medan saat ini.
 
Kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, kata Modesta supaya mengintruksikan seluruh petugas Puskesmas rawat inap dan puskesmas pembantu (Pustu) tetap siaga melayani masyarakat terkait keluhan dan gejala penyakit. Juga bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan disarankan segera berobat.
 
 “Kita sarankan Dinas Kesehatan agar mendidrikan posko kesehatan. Ini bentuk pelayanan kesehatan prima dari Pemko Medan. Soal teknisnya bisa kerjasama dengan aparat kelurahan,“ terang Modesta.
 
Apalagi kata politisi Golkar ini, pernyataan Balai Metereologi  Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Sumbagut pekan lalu akan terjadi curah hujan. Untuk itu, Pemko Medan diminta supaya mengantisipasi segera mungkin potensi bajir di Medan.
 
Pemko Medan melalui aparat Kelurahan dan kepala lingkungan (kepling) supaya memperhatikan kebersihan lingkungan. “Lurah dan kepling dapat menggerakkan masyarakat gotong royong pembersihan lingkungan terutama saluran parit.
 
Sama halnya sosialisasi kesehatan seperti antisipasi penularan penyakit DBD dan menjaga penyakit ISPA. Dinas Kesehatan harus tetap melakukannya dan tetap mengaktifkan Posyandu. Khusus mensiasati bahaya penyakit DBD harus ada sosialisasi yang rutin dan melakukan foging (pengasapan) seperlunya. Bahkan pemberian masker bagi warga yang membutuhkan  tetap diperhatikan.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS