26619 KALI DIBACA

Wagub Nova: Bicara Peran Pers Aceh Indonesia

Wagub Nova: Bicara Peran Pers Aceh Indonesia

Banda Aceh | Realitas – Wakil Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT, mengatakan, turut bersyukur dan berbahagia dengan kondisi kebebasan pers yang dimiliki wartawan dan awak media di Indonesia khususnya di Aceh saat ini.

“Kita masih bersyukur dan berbagia sekali bahwa peran pers dan jurnalisme dalam menopang salah satu pilar demokrasi masih berjalan dengan sangat baik,” kata Wagub.

Hal ini disampaikan Wagub Aceh Nova Iriansyah saat menggelar silaturrahmi dan buka puasa bersama dengan organisasi persatuan wartawan dan awak pekerja media yang berlangsung di rumah dinas jabatan Wakil Gubernur Aceh di kawasan Blang Padang, Banda Aceh, Kamis 31 Mei 2018.

“Pers punya pengaruh yang kuat ditengah- tengah masyarakat untuk membangun ummat dan sosialisasi formal yang ada dalam struktur pemerintahan, tidak cukup efektif untuk menggabarkan tentang informasi-informasi pembangunan,” sebut Wagub.

Wagub Nova menambahkan, kritik adalah vitamin untuk membangun bangsa ini, jangan pernah berhenti untuk mengkritik “Kalau kritiknya berhenti berarti vitaminya kurang,” sebut Wagub.

“Kalau itu salah, baik itu pemerintahan, masyarakat sipil dan lembaga swasta, kalau tidak ada yang mengkritik maka tidak ada yang mengkoreksi maka pembangunan akan berjalan timpang,” katanya.

Wagub Nova, membandingkan kondisi kebebasan pers di Indonesia dengan sejumlah negara yang dianggap pers dan tugas jurnalistik masih berada di bawah tekanan dan dikekang oleh pemerintah dan kondisi.

“Sebut saja seperti tetangga kita Malaysia dan Timur Tengah, kondisi pers disana masih tidak sebebas kita di Indonesia.

Karena itu kita patut bersyukur bahwa kita (Aceh) masih berjalan sangat baik hingga hari ini,” sebutnya.

Kondisi seperti di Malaysia selama ini dianggap tidak sama seperti di Indonesia.

Apalagi di Timur Tengah yang dalam kondisi perang.

Tambah Wagub hal itu menurutnya, bisa meminimalisir peran pers dalam ketatanegaraan demokrasi.

Jelas Wagub dihadapan perwakilan pimpinan Media di Aceh.

Kegiatan buka puasa bersama turut dihadiri sejumlah perwakilan organisasi perkumpulan wartawan seperti PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), AJI (Aliansi Jurnaslis Indonesia) dan PWOI (Perkumpulan Wartawan Online independeN) Provinsi Aceh.
( Sabri Yusuf )

Subscribe

MEDIA REALITAS