49719 KALI DIBACA

UNESCO Resmi Umumkan Warisan Dunia, Indonesia Tak Termasuk!

UNESCO Resmi Umumkan Warisan Dunia, Indonesia Tak Termasuk!

ORGANISASI Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB atau disebut UNESCO mengumumkan empat Situs Warisan Dunia Tebaru. Penasaran?

UNESCO menambahkan empat situs baru ke dalam daftar Situs Warisan Dunia. Keempat situs tersebut adalah Zuojiang Huashan di Tiongkok, Qanat di Iran, Nalanda Mahavihara di India, dan Nan Madol di Mikronesia.

Zuojiang Huashan adalah batu dengan lukisan seni dan budaya peninggalan zaman pra-sejarah. Lansekap batu ini terletak di dekat Sungai Zuojiang, Provinsi Guangxi.

Sedangkan situs kedua yang masuk dalam daftar ini adalah Qanat di Iran yang merupakan saluran bawah tanah yang digunakan untuk memberi pasokan air ke pemukiman, dan keperluan irigasi. Qanat disebut juga menjadi sumber air untuk beberapa negara gersang baik di Asia maupun Afrika.

Nama ketiga dalam daftar terbaru UNESCO adalah Nalanda Mahavihara yang terletak di India. Nalanda merupakan sebuah tempat yang pernah menjadi pusat pendidikan agama Buddha di India. Saat ini, masih banyak reruntuhan bangunan yang dibiarkan untuk menjaga nilai historis dari Nalanda.

Sedangkan situs keempat yang dimasukkan ke dalam Situs Warisan Dunia oleh UNESCO adalah Nan Madol di Mikronesia. Nama Nan Madol ditempatkan dalam daftar Situs Warisan Dunia yang dalam bahaya.

Nan Madol adalah kota dengan reruntuhan bangunan peninggalan sejarah. Terbuat dari basal dan batu karang, kawasan ini merupakan tempat bagi kuil-kuil yang tak bisa digunakan lagi.

Komite Situs Warisan Dunia yang tengah berkumpul di Turki juga sedang mengkaji 27 situs lainnya yang dianggap memiliki nilai budaya spesial atau alam yang telah dinominasikan sebagai Situs Warisan Dunia. Demikian dilansir Foxnews, beberapa waktu lalu. (syah/tbc/okz)

Subscribe

MEDIA REALITAS