31219 KALI DIBACA

Total Korban Jiwa Serangan Taliban di Afghanistan Menjadi 140 Tentara

Total Korban Jiwa Serangan Taliban di Afghanistan Menjadi 140 Tentara

example banner

Kabul – Jumlah korban jiwa akibat serangan Taliban ke pangkalan militer Afghanistan telah bertambah menjadi 140 orang. Dalam serangan itu, para militan menyamar dengan mengenakan seragam militer Afghan.

Serangan di kota Mazar-i-Sharif, Afghanistan utara pada Jumat (21/4) waktu setempat itu disebut-sebut sebagai serangan paling mematikan terhadap pangkalan militer Afghan.

Seorang pejabat di Mazar-i-Sharif mengatakan seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (22/4/2017), setidaknya 140 tentara tewas dan banyak lainnya terluka dalam insiden itu. Sejumlah pejabat lainnya mengatakan bahwa jumlah korban jiwa kemungkinan lebih dari itu.

Sebelumnya, pejabat AS mengatakan bahwa jumlah korban jiwa mencapai lebih dari 50 orang.

Dalam serangan itu, sebanyak 10 militan Taliban berseragam militer Afghanistan dan mengendarai sejumlah kendaraan militer, menyerbu pangkalan militer. Mereka menyerang para tentara dengan granat berpeluncur roket dan senapan serbu.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan, serangan tersebut merupakan pembalasan atas pembunuhan beberapa tokoh senior Taliban di Afghanistan utara belum lama ini.

Sebelumnya pada awal Maret lalu, sekelompok pria bersenjata yang menyamar sebagai dokter, menyerang rumah sakit Sardar Daud Khan — rumah sakit militer terbesar di Afghanistan — di Kabul. Menurut pejabat-pejabat Afghan, 50 orang tewas dalam serangan itu.

Namun sumber-sumber keamanan dan korban yang selamat mengatakan kepada kantor berita AFP, bahwa lebih dari 100 orang tewas dalam serangan tersebut. Kelompok radikal ISIS kemudian mengklaim mendalangi serangan tersebut.

Subscribe

MEDIA REALITAS