47319 KALI DIBACA

Tingkatkan PAD, Saatnya Penegakan Perda

Tingkatkan PAD, Saatnya Penegakan Perda
 
-Dorong Ketegasan Penertiban Reklame
 
Medan | mediarealitas
Wakil Ketua Fraksi PAN DPRD Medan Kuat Surbakti SH mendorong Pj Walikota Randimnan Tarigan agar tegas menegakkan aturan terkait penataan reklame di kota Medan yang terbukti makin semrawut. Tindakan penegakan Perda dinilai perlu guna peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan penataan kota.
 
“Kita mendukung penuh upaya penertiban reklame oleh Pj Walikota Randiman Tarigan yang disuarakan dalam rapat pansus reklame DPRD Medan kemarin. Pantas kita prihatin, karena selama ini perolehan PAD dari pajak reklame sangat minim bahkan nihil pada tahun 2014,” ujar Kuat Surbakti kepada wartawan di Medan, Kamis (5/11).
 
Menurut Kuat Surbakti, jika melihat jumlah reklame/bilboard yang sangat menyomak di kota Medan sepatutnya perolehan PAD pajak reklame akan over target. “Bukan sebaliknya malah menurun dari target, bahkan realisasi nihil di tahun 2014 tahun lalu,” terang anggota Komisi C ini.
 
Dingatkan Kuat Surbakti, Pj Walikota Medan Randiman Tarigan, pada tahun 2016 mendatang PAD kota Medan ditekankan supaya digali secara maksimal. Jika di tahun 2015 ini sekitar Rp 2 M, maka sangat tepat jika PAD tahun mendatang ditingkatkan menjadi Rp 3 M– Rp 3,5 Miliar.
 
Ditambahkan, prediksi tersebut sangat beralasan mengingat masih banyak potensi PAD yang belum tergali secera maksimal. Seperti retribusi izin bangunan, pajak/retribusi parkir, pajak hiburan, pajak restoran dan yang lain. “Kita siap membantu Pemko untuk memnggali potensi PAD. Bahkan temuan kita selama ini banyak indikasi kebocoran PAD yang jatuh kepada oknum tertentu,” tegas Kuat.
 
Ditambahkan Kuat, Dia bersama anggota komisi C lainnya akan fokus mengawal penegakan Perda demi peningkatan PAD. Sama halnya kordinasi dengan Pemko Medan perlu ditingkatkan demi membuahkan hasil yang lebih baik. Namun terkait Perda yang memberatkan masyarakat kecil seperti PBB pantas akan dilakukan evaluasi.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS