18019 KALI DIBACA

Tim Pemenang Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Samudra Langsa, Sulap Serbuk Kayu Jadi Papan Partikel

Tim Pemenang Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Samudra Langsa, Sulap Serbuk Kayu Jadi Papan Partikel
Ketua Tim Tisna Harmawan, S.Si, M.Si bersama keuchik dan perangkat desa

Langsa I Realitas – Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap Dosen, dengan tujuan untuk mentransfer sekaligus menerapkan ilmu dan teknologi yang telah diteliti sebelumnya kepada masyarakat luas.

kegiatan ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Samudra Tahun 2018.

Dosen Program Studi Kimia Fakultas Teknik Universitas Samudra Langsa Tisna Harmawan, S.Si, M.Si yang merupakan Ketua TIM PKM dengan anggota Fajriani, S.Pd, M.Si dan Ulil Amna, S.Si, M.Sc, melaksanakan PKM dengan tema “Peningkatan Nilai Ekonomis Dan Pendapatan Masyarakat Dengan Pemanfaatan  Limbah Padat Panglong Kayu Menjadi Papan Partikel Pengganti Tripleks Menggunakan Resin Poliester-Urea Formaldehida”, Rabu (10/10/2018).

Kegiatan PKM tersebut sudah dilaksanakan sejak (27/08/2018) s/d selesai di Desa Meurandeh Dayah, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, tema yang diangkat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat desa ini.

Diketahui, limbah padat serbuk kayu dari panglong kayu di kota Langsa belum ditemukan teknik pengolahan secara khusus dan limbah tersebut masih dibuang dan di bakar begitu saja, hal ini menjadi landasan dilakukan pembuatan papan pertikel berbasis limbah padat serbuk kayu.

Pemanfaatan limbah padat serbuk kayu menjadi papan partikel pengganti tripleks merupakan solusi yang diberikan oleh tim PKM dalam meningkatkan nilai ekonomis limbah padat serbuk kayu, tim PKM memberikan contoh dan praktek langsung kepada masyakarat tentang cara pengolahan limbah padat sebuk kayu menjadi papan partikel.

Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah CV. Usaha Meuble indah, mahasiswa dan beberapa dosen Program Studi Kimia, yaitu Ibu Puji Wahyuningsih,S.Si, M.Sc (Koordinator Program Studi Kimia), Ibu Halimatussakdiah, S.Si, M.Sc serta mendapat dukungan dari masyarakat dan aparat Desa Meurandeh Dayah Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa.

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan, karena melalui kegiatan ini mereka mendapatkan informasi baru mengenai cara pembuatan papan partikel berbasis limbah padat kayu. Oleh karena itu, dari peluang tersebut dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan mengingat bahwa bahan baku yang digunakan berbahan dasar limbah, mudah didapat dan tersedia di Desa Meurandeh Dayah Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa.

“Secara fisik, produk dari limbah padat panglong kayu (papan partikel) tidak jauh berbeda dengan produk hasil pabrikan, selain itu keunggulan produk papan partikel ini dari bahan dasar limbah padat panglong kayu yang murah dan mudah didapat di kota langsa, sehingga nantinya produk hasil PKM ini dapat di jual guna meningkatkan pendapatan masyarakat desa ,” terang Ketua Tim PKM Tisna Harmawan.(Feri)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS