48919 KALI DIBACA

Tim Pemantau Asmara Subuh Tertibkan Kawasan Ring Road

Tim Pemantau Asmara Subuh Tertibkan Kawasan Ring Road

Medan | mediarealitas

                Tim Pemantauan Asmara Subuh membubarkan aktifitas asmara subuh di kawasan Jalan Gagak Hitam/Ringroad Medan, Kamis (18/6). Seratusan  sepeda motor yang tidak dilengkapi dengan surat-surat diamankan. Selain ingin melancarkan arus lalu lintas, penertiban ini dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi balapan liar di kawasan tersebut.

                Kapolresta Medan yang baru AKBP Mardiaz Kusin Dwihananto SIK MHum  ikut turun dalam penertiban yang melibatkan unsur dari Polresta Medan, Kodim 0201/BS, Lanud Soewondo Medan, Denpom 1/5, Satpol PP Kota Medan dan  Dishub tersebut. Kehadiran tim gabungan ini  membuat ribuan remaja yang berkumpul di tempat langsung membubarkan diri.

                Tim Pemantauan Asmara Subuh (TPAS) dipimpin Kasatpol PP M Sofyan.  Ketika melakukan penertiban, Sofyan didampingi Asisten Pemerintahan Setdakot Medan Drs Musadat Nasution, Kadis Perhubungan Kota Medan Renward Parapat, Kabag Tata Pemerintahan Zain N oval serta Camat Medan Sunggal Fahri Matondang.

                Sebelum melakukan penertiban, TPAS lebih dahulu mengelar apel di eks SPBU Petronas dipimpin langsung Kapolresta Medan. Kepada seluruh tim, Kapolresta mengatakan penertiban ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman sehingga masyarakat, terutama umat Muslim lebih khusuk dalam menjalankan puasa maupun ibadah-ibadah lainnya.

                Ada dua cara yang dilakukan tim ketika melakukan penertiban. Pertama dengan mendatangi langsung kerumuman remaja, sedangkan kedua  bersifat mobile dengan melakukan patroli langsung dan merazuia remaja yang konvoi dengan menggunakan sepeda motor. Bagi remaja yang  mengendarai sepeda motor tanpa dilengkapi surat-surat, kenderaannya langsung diamankan.

                Sebaliknya bagi remaja yang dilengkapi surat-surat kenderaan namun tidak mengenakan helm, tilang langsung dijatuhkan. Tidak sedikit remaja yang menghiba dan memelas agar sepeda motornya tidak diaman namun tidak dipenuhi. Sepeda motor  yang diamankan tersebut selanjutnya diangkut dengan truk.

                Penertiban berlangsung sampai pukul 08.00 WIB. Tidak hanya remaja yang berasrama subuh saja menjadi sasaran penertiban, warga yang melintas dengan sepeda motor tanpa dilengkapi helm maupun surat-surat kenderaan juga ikut ditertibkan. Aksi penertiban ini berhasil meredam aktifitas asmara subuh di kawasan Jalan Ring Road.

                Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan menjelaskan, penertiban ini dilakukan sesuai dengan SK Wali kota Medan No.451/930.K/2015 tentang Tim Pemantauan Asmara Subuh Pada Bulan Suci Ramadhan 1436 H. Pembentukan tim ini bertujuan untuk memantau dan mengantisipasi asmara subuh selama bulan sucui Ramadhan.

                “Dalam melakukan penertiban, kita melaksanakan penindakan awal terhadap pihak-pihak yang menganggu ketentraman dan ketertiban umum yang berkaitan dengan asmara subuh dan selanjutnya menyerahkannya kepada pihak berwajib. Penertiban ini akan kita laksanakan selama 13 hari sepanjang bulan suci Ramadhan, Penertiban kita lakukan di lokasi-lokasi yang  sering dijadikan lokasi ngumpul para remaja,” jelas Sofyan.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS