65419 KALI DIBACA

Terima Hibah Tanah, Danlanal Simeulue Kunjungi Abdya

Terima Hibah Tanah, Danlanal Simeulue Kunjungi Abdya
Wakil Bupati Abdya Muslizar MT menyerahkan surat hibah tanah seluas 10 ribu meter persegi kepada Danlanal Simeulue, Letkol Marinir Idha M Basri SE di Halaman Pendopo Bupati Abdya, Selasa (9/1). @2018 Media Realitas/Syahrizal

Blangpidie | Media Realitas- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menghibahkan tanah seluas 10 ribu meter persegi kepada Pos TNI Angkatan Laut (Posal) setempat yang diserah terimakan melalui Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Simeulue, Letkol Marinir Idha M Basri SE di Halaman Pendopo Bupati Abdya, Selasa (9/1/2018) pagi.

Kunjungan Danlanal Simeulue tersebut disambut lansung oleh Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT didampingi Ketua DPRK, Zaman Akli, Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan SIK, MSc, Dandim 0110/Abdya Letkol Arm Iwan Aprianto SIP, mewakili Kajari Abdya H Azwar SH, para asisten, kepala SKPK, para camat, para keuchik, panglima laot dan tokoh adat laut lainnya.

Danlanal Simeulue, Letkol Marinir Idha M Basri SE, mengucapkan terimkasih kepada Pemkab Abdya yang telah menghibahkan tanah kepada TNI AL dalam hal ini Posal Abdya seluas 10 ribu meter persegi di Desa Pulau Kayu, Kecamatan Susoh.

Kata Letkol Idha, itu merupakan bentuk dukungan Pemkab Abdya demi terwujudnya pembentukan Lantamal di Aceh. “Semoga saja, Lantamal di Aceh akan terbentuk dan disetujui oleh pimpinan,” ungkapnya.

Selama ini, lanjut Idha, sejumlah Lanal di Aceh masih tunduk pada Lantamal Belawan, Sumatra Utara.  “Kedepan, kita berharap bisa berdiri sendiri dan Pemerintah Aceh juga telah menghibahkan tanah seluas 80 hektare untuk pembangunan Lantamal di Aceh,” sebutnya.

Disamping itu, Idha juga mengajak seluruh komponen masyarakat agar menjaga keamanan laut wilayah jajaran Lanal Simeulue dan sekitarnya. Selain memiliki wilayah tugas di Simeulue, Lanal ini juga mencakup wilayah Abdya, Aceh Selatan dan Singkil.

“Jadi, Lanal Simeulue terus melakukan patroli dan memantau keamanan laut diwilayah jajarannya termasuk berkoordinasi dengan sejumlah Posal yang ada,” demikian tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, Wabup, Muslizar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pos TNI AL Abdya yang sudah banyak membantu pemerintah dalam hal pengamanan laut di wilayah setempat.

“Kepada Danlanal Simeulue, perlu kami informasikan, hubungan Pos TNI AL sangat baik dengan Pamkab Abdya dan kita juga saling koordinasi demi terciptanya keamanan baik di laut lepas maupun pesisir Abdya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dengan adanya Pos TNI AL di Abdya maka akan menjadi mitra kerja bagi pemerintah demi menjaga keutuhan dan ekosistem dilaut. “Kami berharap cita-cita Danlanal akan tercapai untuk mewujudkan Lantamal di Aceh, sehingga jumlah personel untuk menjaga perairan di Aceh akan lebih meningkat dengan dibantu sarana-prasarana lainnya,” tutur Muslizar.

Sekilas Muslizar juga berwacana akan membuat qanun agar pantai objek wisata di Abdya terjaga kebersihannya, terutama dari hewan ternak masyarakat yang kerap mengotori pantai. “Qanun itu akan segera kita bahas kedepan nanti, agar pantai di Abdya terjamin kebersihannya,” demikian Muslizar. (Syahrizal).

Subscribe

MEDIA REALITAS