14419 KALI DIBACA

Sudah Ada Layanan Untuk Pengaduan Masyarakat Berbasis Online, Melalui Aplikasi LaPPPeMas

Sudah Ada Layanan Untuk Pengaduan Masyarakat Berbasis Online, Melalui Aplikasi LaPPPeMas

example banner

Aceh Singkil | Realitas – Masyarakat, pegawai swasta maupun ASN saat ini sudah bisa melaporkan ketidakpuasan terhadap pelayanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil, maupun perbuatan yang berindikasi pelangaran.

Laporan bisa dilayangkan secara online melalui aplikasi resmi LaPPPeMas Berbasis Online.

LaPPPeMas adalah suatu sistem aplikasi yang digagas Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil dan disediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Singkil.

Aplikasi ini dipergunakan oleh unit Kepatuhan Internal dalam mengelola penanganan pengaduan masyarakat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Aceh Singkil pada umumnya yang dipergunakan oleh Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil.

Terkait layanan pengaduan masyarakat tersebut, Plt Kepala Inspektorat M Hilal melalui Kasubbag Evaluasi dan Pelaporan Iswan Darsono kepada Realitas, Kamis (6/12/2018) menjelaskan, Situs resmi layanan pengaduan, LaPPPeMas.acehsingkilkab.go.idsudah bisa dibuka.

Peraturan Bupati (Perbub) tentang Optimalisasi Layanan Pengelolaan Penanganan Pengaduan Masyarakat (LaPPPeMas) berbasis online Pemkab Aceh Singkil, juga sudah ditandatangani Bupati, Senin (3/12/2018) kemarin.

“Ini merupakan salah satu program perubahan, yang saya gagas melalui Diklat PIM di Bukit Tinggi.

Aplikasi ini akan dikelola Admin, Rasmo dan saya selaku pembantu admin.

Setiap pengaduan masyarakat yang masuk melalui LaPPPeMas akan dipantau oleh Admin dan disampaikan ke Tim verifikasi ,” terang Iswan.

Dijelaskannya, Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan masyarakat telah mengatur secara umum tentang pengelolaan pengaduan yang mana setiap instansi penyelenggara pemerintahan daerah, korporasi, lembaga independen yang dibentuk berdasarkan peraturan untuk kegiatan pelayanan publik, dan badan hukum lain yang dibentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan masyarakat berkewajiban menyediakan sarana pengaduan dan menugaskan pelaksana yang kompeten dalam pengelolaan Penanganan pengaduan Masyarakat tersebut.

Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil yang merupakan instansi penyelenggara pengawasan daerah berkewajiban untuk menyediakan sarana pengaduan.

Sarana pengaduan sebagaimana peraturan yang berlaku tersebut telah disediakan oleh Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil melalui aplikasi LaPPPeMas Berbasis Online, yang merupakan tempat/wadah sarana pengaduan dengan tata cara pengaduan ditetapkan melalui standar Operasional Prosedur (SOP), sebutnya.

Cara pengaduannya bisa diakses langsung melalui situs resmi, LaPPPeMas.acehsingkilkab.go.id. Pengadu harus dilampirkan NIK, Nama, Alamat Lengkap, Telepon/HP, email (tidakwajib), jenis kelamin.

Wajib untuk mengisikan judul aduan, isi aduan, dan upload bukti pengaduan dengan maksimal ukuran file 1 mb.

Uraian pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan dan uraian kerugian materiil atau immateriil yang diderita.

Permintaan penyelesaian yang diajukan; dan tempat, waktu penyampaian, dan tanda tangan.

“Identitas pengadu dijaga kerahasiaannya,” ujar Iswan

Selanjutnya LaPPPeMas akan secara otomatis memberikan nomor tiket kepada pengadu, dan pengadu dapat mencetak data pengaduannya atau cukup mencatat/mengingat nomor tiket yang diberikan LaPPPeMas.

Kemudian, nomor  tiket hanya dapat diketahui oleh pengadu, dan pengadu secara mandiri dapat memantau tindak lanjut penanganan atas pengaduannya sesuai nomor tiket tahap demi tahap untuk proses tindaklanjutnya.

Pengadu wajib mencantumkan nomor telepon genggam (handphone) yang valid, supaya pihak pengelola, penerima aduan mudah mengkonfirmasi secara langsung kepada pihak pelapor atas aduan yang dikirimkan untuk segera ditindaklanjuti (diaudit).

Penerimaan pengaduan secara manual bisa disampaikan lewat surat/manual.

Masyarakat tersebut wajib memasukkan aduan tersebut ke dalam sistem aplikasi LaPPPeMas Berbasis Online dan akan dibantu/dipandu memasukkan aduan tersebut oleh admin yang sudah ditunjukan melalui keputusan Inspektur Kabupaten Aceh Singkil. (Rostani/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS