Selesaikan Pendidikan S2 Dari Menjual Sampah - MEDIA REALITAS

12619 KALI DIBACA

Selesaikan Pendidikan S2 Dari Menjual Sampah

Selesaikan Pendidikan S2 Dari Menjual Sampah

Malang I Realitas – Demi meraih jenjang pendidikan lebih tinggi, Sulaiman Sulam (34) tak malu membiayai kuliah magisternya dari hasil penjualan sampah. 

“Saya ingin buktikan untuk kuliah tidak harus menunggu dapat beasiswa, menunggu kaya raya atau dibiayai orang tua. Dengan menjual sampah seperti saya ternyata juga bisa,”ucap Sulaiman di SMK Negeri 6 Malang, Selasa (7/8/2018).

Saat ini Sulaiman tercatat sebagai mahasiswa S2 Administarasi Publik di salah satu universitas di Kota Malang.

Tenaga honorer di SMK Negeri 6 Kota Malang ini, ia bercita-cita untuk menyelesaikan pendidikannya hingga jenjang S3 atau dokter, semua tentunya dibiayai dari hasil menjual sampah yang dikumpulkan setiap hari, “Sampai doktor, kalau bisa lebih tinggi lagi,”ujarnya.

Sulaiman bercerita pada awalnya, ia menjadi inspirator terbentuknya Bank Sampah di SMKN 6 Kota Malang sejak 2016 silam, di sekolah itu, seluruh siswa memang diperkenankan membayar biaya sekolah dengan mengumpulkan sampah yang dibawa dari rumah masing-masing.

Sampah yang disetorkan pun beragam, mulai dari kertas, aki, buku atau barang tak berguna lainnya, salah satu ruang di sudut SMKN 6 Kota Malang pun disulap menjadi lokasi pengumpulan sampah, hampir setiap sampah-sampah yang terkumpulkan disetorkan ke Bank Sampah pusat yang dikelola oleh Pemkot Malang.

Dari situlah, pria asal Flores, Nusa Tenggara Timur itu melihat peluang untuk dirinya. 

“Saya melihat ada peluang untuk saya, selain mengedukasi anak-anak untuk mandiri dan mencintai lingkungannya, akhirnya saya juga mengumpulkan sampah-sampah layak jual, hasilnya cukup lumayan bisa digunakan untuk bayar kuliah,”tegas Sulaiman.

Tak disangka, dari hasil penjualan sampah-sampah tersebut, Sulaiman dapat melunasi biaya kuliahnya yang mencapai Rp 5,5 juta/semester.(dc/Feri)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS