33819 KALI DIBACA

Sekretaris Desa Tebing Tinggi Menghalangi Wartawan Media Online Kecamatan Tanjung Beringin

Sekretaris Desa Tebing Tinggi Menghalangi Wartawan Media Online Kecamatan Tanjung Beringin
Ruangan Kantor Camat Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai

Serdang Bedagai | Realitas – Sekretaris Desa Tebing Tinggi Kacamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai Muklis menghalangi Wartawan Media Online Realitas terkait rapat mengenai penandatanganan perubahan APBDS Tahun 2018 di Dusun II Dugun Aula Kantor Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tanjung Beringin, Rabu (12/12/2018) Pukul 16:00 Wib yang dihadiri Pendaming Desa, Kasih Pembangunan, PMD, LKMD, BPD, Ibu PKK dan Tokoh masyarakat bahwa Sekretaris Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tanjung Beringin Muklis tidak mau menandatangani pengajuan Permohonan APBDS Desa Tebing Tinggi.

Saat Wartawan Media Online Realitas menyambagi dikantor Camat Tanjung Beringin diruangan Kasi Pembangunan, PMD pada Jum’at (14/12/2018) pukul 10:21 Wib yang di hadiri Plt Kades Pematang Terang, Bendahara Desa Tebing Tinggi, Pendamping Desa Tebing Tinggi, ketika mau konfirmasi kepada Muklis langsung mengusirnya tidak mau dikonfirmasi.

Menurut wartawan Media Online Realitas Sekretaris Desa Tebing Tinggi Muklis sudah kebal hukum akibat melawan Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Dan untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.

Hal ini diungkapkan oleh wartawan Media Online Kabupaten Serdang Bedagai J.Irwansyah.Silitonga katanya, dalam penegakan demokrasi dan kehidupan bersama yang lebih baik, maka peran pers sangatlah dibutuhkan.

Menurut beliau mengingat hal itu, kelakuan oknum Sekretaris Desa Tebing Tinggi yang langsung menolak Konfirmasi wartawan ke Ruangan Kasi Pembangunan, PMD itu untuk memantau kondisi perkembangan penandatanganan perubahan Permohonan APBDS Tahun 2018, sudah sangat bertolak belakang.

Karena katanya oknum Sekretaris tersebut diduga telah melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan tugas wartawan.

Dijelaskan bahwa sesuai UU PERS NO 40 TH 1999 barang siapa saja yang sengaja menghambat atau menghalangi tugas jurnalis bisa terancam pidana penjara 2 tahun denda paling banyak Rp.500 000 000-.

Apalagi saat itu perilaku oknum Sekretaris tersebut arogan tidak mau menandatangani Perubahan APBDS Tahun 2018.

Bahkan diduga ada unsur sengaja untuk menakut-nakuti Kepala Desa Tebing Tinggi ketika Honor maupun pembagian pencairan Anggaran ADD dan DD Tahun 2018.

Setelah diterimanya Uang sebesar Rp.300.000/Bulan selama 1 Tahun Rp. 3.600.000,- (Tiga Juta Enam Ratus Ribu Rupiah) untuk honor selama bekerja sebagai Sekretaris Desa yang sudah menduduki jabatan PNS di Pemerintah Serdang Bedagai sebagai alasan untuk penandatanganan Perubahan APBDS Tahun 2018 baru ditandagani oleh Sekretaris Desa Tebing Tinggi Muklis diruangan Kasi Pembangunan, PMD pada Jum’at (14/12/2018).

Untuk itu wartawan Media Online Realitas meminta agar pihak yang berwajib dan yang berkompeten agar memeriksa dan mempidanakan oknum Sekretaris Desa Tebing Tinggi itu.

“Mengingat ulah oknum Sekretaris Desa Tebing Tinggi itu yang diduga telah melawan hukum, maka pihak yang merasa dirugikan oleh Sekretaris Desa tersebut berencana akan melaporkan kepada pihak berwajib.” pintanya. (J.Irwansyahsilitonga/iqbal)

Subscribe

MEDIA REALITAS