28719 KALI DIBACA

Sekcam Cerenti Buka Pontang Balimau

Sekcam Cerenti Buka Pontang Balimau

Kuansing | Media Realitas – Kemeriahan acara “Potang Balimau” di Kecamatan Cerenti yang tepatnya di Desa Pulau Bayur, dimana acara mandi “Potang Balimau” ini dilaksanakan sebagai prosesi untuk mensucikan diri menyambut bulan Puasa Ramadhan setiap tahunnya.

Acara mandi “Potang Balimau” yang di buka secara resmi Camat Cerenti yang diwakili oleh Sekretaris Camat Cerenti Agus Suprianto SSos dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H tahun 2017 di Desa Pulau Bayur dan sudah berlangsung sejak belasan tahun lalu secara berturut turut.

8Akan tetapi acara mandi “Potang Balimau” pada tahun 2017 ini sangat meriah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, seperti yang di sampaikan Kepala Desa Pulau Bayur Maryendi pada Jumat petang (26/5/2017) kemarin, acara mandi “Potang Balimau” ini sudah berjalan semenjak 15 tahun yang lalu,” ujar Kades Pulau Bayur Cerenti.

“Setiap tahunnya kami masyarakat Desa Pulau Bayur selalu mengadakan acara ini, untuk beberapa tahun ini Desa Pulau Bayur di hari acara mandi “Potang Balimau” dapat kunjungan yang melimpah dari pengunjung yang berasal tidak hanya dari wilayah Kabupaten Kuansing, namun juga dari kabupaten tetangga seperti Kabupaten Inhu,” ujar Maryendi.

“Sebab pengunjung yang hadir tidak hanya datang dari cerenti, namun juga ada dari kecamatan lain, seperti Inuman, Baserah juga dari Teluk Kuantan, termasuk juga dari Kabupaten Inhu. Maka dari itu kita berharap gara adanya perhatian dari pemerintah terhadap tradisi masyarakat di Cerenti ini kedepannya, guna peningkatan fasilitas seperti jalan misalnya,” ungkap Agus.(***)

Subscribe

MEDIA REALITAS