42419 KALI DIBACA

Sabang Diguncang Gempa Bumi 5,1 SR, BMKG : Tidak Berpotensi Tsunami

Sabang Diguncang Gempa Bumi 5,1 SR,  BMKG : Tidak Berpotensi Tsunami

SABANG ACEH I MEDIA REALITAS – Sabang Jum’at (5/1/18) sekira pukul 02.30 Wib diguncang gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richtet (SR). Menurut Stasiun Meteologi setempat gempa magneto tersebut tidak berpotensi terjadinya tsunami.

“Gempa magneto 5,1 SR pagi tadi tidak berpotensi tsunami dihimbau masyarakat tetap tenang dan waspada,” kata Siswanto dari lembaga Stasiun Meteorologi pada wartawan

Diterangkannya,  titik koordinat episenter gempa berada pada 6,59 lintang utara (LU) dan 95,46 barat timur (BT), atau persisnya berlokasi di laut pada jarak 78 km arah utara Kota Sabang yakni di kedalaman 204 km.

Ditambahkan, guncangan gempa juga terasa hingga daerah Sigli, Banda Aceh, Seulimum (Aceh Besar) dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II-III MMI), Sabang I SIG-BMKG (II MMI).

Lanjutnya,  bila menilik dari kedalaman hiposenter gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia yang terdapat di zona Beni off yaitu zona subduksi lempeng yang memiliki sudut tunjaman yang relatif tajam di bawah lempeng Eurasia.

Berdasarkan monitoring BMKG, pasca gempa bumi hingga pukul 03.28 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Hingga berita ini diturunkan belum  diperoleh informasi sejumlah fasilitas infrastruktur milik masyarakat yang rusak dampak dari gempabumi dimaksud .(Ant/R.21)

Subscribe

MEDIA REALITAS