36219 KALI DIBACA

Puluhan Rangkang Dayah Nurya’dah Labar di Mangsa Sijago Merah Hingga Rata Dengan Tanah

Puluhan Rangkang Dayah Nurya’dah Labar di Mangsa Sijago Merah Hingga Rata Dengan Tanah

Tapaktuan I Realitas-Sedikitnya 51 rangkang tempat pemondokan santri Dayah Nurya’dah Kecamatan Labuhanhaji Barat (Labar) Kabupaten Aceh Selatan, hangus terpanggang api hingga rata dengan tanah.


Terbakar itu bukan rangkang saja, bahkan beserta isi rangkang ikut ludes terpanggang api, yakni pakaian santri, kitab-kitab maupun yang lainnya.

Tragedi yang menghebohkan pada bulan suci Ramadhan tersebut, kata Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Selatan, Drs H. Yahya Azmar, M. Si kepada media ini Senin (4/6/2018), kejadian kebakaran Minggu O3 Mai O18 malam sekitar pukul 24 30 wib.

Pada tengah malam buta itu, warga di sekitar dayah ikut berhamburan mendengar suara jeritan minta tolong bahwa dayah terbakar, namun masyarakat mencoba untuk mengendalikan kobaran hapi, namun kurang membawakan hasil yang maksimal.

Dan tak berselang begitu lama baru datang bantuan dari mobil tangki pemadam kebakaran dari arah Tapaktuan, sementara mobol itu stanbai di Labuhanjai dan Kecamatan Meukek. Dan disamping itu terus ikut membantu oleh masyarakat melakukan penjinakan api.

Pesantren Nurya’dah tersebut terletak pada kawasan Gampong Kuta Trieng Blang Kejeren Kecamatan Labuhanhajo Barat yang dipimpin oleh Abu Muda Syukri Waly anak dari Abuya H Amran Waly Al-Khalidy, akibat kebakaran tersebut menimbulkan kerugian sekitar Rp 810 000 OOO,-, kata Yahya Azmar.

Alhamdulillah, akibat kejadian kebaran itu, tidak ada korban jiwa terhada santri-santri yang menimba ilmu agama di dayah tersebut.

Bantuan mengalir

Senin (4/6/2018) pagi, Pejabat Bupati Aceh Selatan, Dedy Yuswadi, AP beserta rombongan terjung langsung mendatamgi lokasi kebakaran itu, dan sekaligus menyerahkan bantuan panik kepada pimpinan pesantren, yaitu Abu Muda Syukri Waly.

Sementara yang diserahkan bantuan panik tersebut, bersumber dari Dinas Sosial Aceh Selatan, BPBD dan Dinas Kesehatan Aceh Selatan, tambah Yahya Azmar.(MR.ZULMAS)

Subscribe

MEDIA REALITAS