51819 KALI DIBACA

PTPN2 Salurkan Dana Bergulir Program Kemitraan Semester II Tahun 2017

PTPN2 Salurkan Dana Bergulir Program Kemitraan Semester II Tahun 2017
Direktur Komersil PTPN2, M Iswan Achir bersama perwakilan Mitra Binaan

example banner

TANJUNG MORAWA, SUMUT | Media Realitas – Kepedulian PTPN2 terhadap warga masyarakat di sekitar perusahaan tak perlu diragukan lagi. Kepedulian itu diwujudkan dengan menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Semester II Tahun 2017 berupa pinjaman bergulir kemitraan kepada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Puri Triadiguna PTPN2 Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Kamis (21/12/2017).

Besarnya dana bergulir yang disalurkan untuk semester II Tahun 2017 ini senilai Rp 1.835.000.000. Semua dana program kemitraan penyalurannya melalui tahap evaluasi dan seleksi yang sebelumnya calon mitra binaan sudah mengajukan proposal.
Adapun jumlah mitra binaan pada semester II ini yang mendapat pinjaman 87 mitra binaan yang berasal dari beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Demikian dikatakan Kabag Umum PTPN2, H Bambang Suprapto. “Sebanyak 17 orang mitra binaan dari Kabupaten Deliserdang, 41dari Kabupaten Serdang Bedagai, 22 orang dari
Kabupaten Langkat, 3 orang dari Kota Binjai dan 4 orang dari Kota Medan,”jelas Bambang Suprapto.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deli Serdang diwakili Ir Husni dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepadaPTPN2 yang telah membantu UKM. Sehingga menjadi pemacu peningkatan usaha mitra binaan.

“Kita berharap kedepan mitra binaan menjadi pengusaha yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Pada saat ini minimal mampu dengan hasil usaha yang mitra miliki mampu meningkatkan penghasilan keluarga,”bilangnya.

Serupa disampaikan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Koperasi Kabupaten Serdang Bedagai diwakili Hj Rosdelimawati Batu Bara SE.
Pada kesempatan itu, Direktur Komersil (Dir Kom) PTPN2, M Iswan Achir mengatakan, PTPN2 hadir untuk membangun negeri dan kepedulian perusahaan terhadap mitra binaan guna meningkatkan usaha-usaha mikro di lingkungan kerja PTPN2.

“Diharapkan, dana yang digulirkan itu dapat memberi manfaat dan kepastian kalau dana itu dipergunakan dengan benar dan secara simultan. Sehingga usahanya akan
memberikan kontribusi positif gunakan pendanaan semaksimal mungkin sesuai arah yang baik, “tambah M Iswan seraya mengajak mitra usaha secara bersama-sama menjunjung tinggi kepercayaan.

“Dengan begitu diharapkan pengembaliannya lancar dan nantinya dapat dipergunakankepada pelaku usaha lainnya. PTPN2 akan memantau secara periodik ke mitra-mitra usaha,”imbuhnya.

Para mitra usaha, lanjutnya, agar membantu membuka lapangan kerja baru agar pengangguran berkurang. Dengan adanya lapangan kerja baru, para remaja dapat ditampung bekerja dan otomatis jauh dan terhindar dari bahaya narkoba.

Penyerahan dana PKBL ini diserahkan simbolis kepada pelaku usaha kecil oleh Dir Kom PTPN2, M Iswan Achir didampingi Kepala Bagian Umum, H Bambang Suprapto kepada 5 perwakilan dari Kabupaten Deliserdang, Sukadi, Serdang Bedagai, Agus S, Langkat M Legison, Kota Medan Sri Astuti dan Kota Binjai, Rasdi.

Mewakili Mitra Binaan, H Muslim Tanjung dalam sambutannya mengatakan sangat berterima kasih kepada PTPN2 karena dapat membantu usaha kecil dalam mengembangkan usaha. Sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan membayar cicilan pinjaman tersebut dengan lancar.

“Dengan adanya dana PKBL ini PTPN2 telah memberikan perhatian khususnya kepada pelaku usaha kecil dan menengah,. Sehingga program pemerintah dalam rangka pencapaian pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pengentasan kemiskinan akan terwujud,”kata H Muslim Tanjung.

Pada saat ini, sambungnya, kita telah sama sama menyaksikan bahwa PTPN2 telah merealisasikan sebagai rasa tanggung jawab sosial khususnya dibidang perekonomian melalui peningkatan pendanaan usaha kecil menengah di Kabupaten/Kota.
Usai penyaluran dana PKBL tersebut dilanjutkan dengan pelatihan kewirausahaan dengan nara sumber dari Assuransi Jasa Tania, Sharon Sitepu. (ibnu)

Subscribe

MEDIA REALITAS