142819 KALI DIBACA

Proyek Pasar Rakyat Kota Juang Diduga Sarat Penyimpangan

Proyek Pasar Rakyat Kota Juang Diduga Sarat Penyimpangan

BIREUEN | MEDIA REALITAS -Proyek pembangunan Pasar Rakyat Kota Juang di kawasan Cureh, Desa Geulanggang Gampong, Kecamatan Kota Juang diduga sarat penyimpangan dan ditengarai menjadi ladang korupsi pejabat terkait, bersama oknum lainya Selain dibangun asal-asalan dan tidak sesuai spesifikasi tehnis, proyek bernilai Rp 5 miliar lebih itu juga dikabarkan sudah habis kontrak.

Ironisnya kendati tahun anggaran sudah berakhir tapi pekerjaan tersebut, kini terus dikebut supaya dana yang diku..curkan dari sumber APBN-P TA 2017, dapat segera ditarik dan dicairkan untuk rekanan. Dengan dukungan serta tipu muslihat para oknum pejabat Dinas Penanaman Modal, Perdagangan, Koperasi dan UKM. Maka aksi penjarahan uang rakyat secara sistematis ini tidak terendus publik, bahkan diprediksi akan sangat sulit terjerat hukum. Apalagi pekerjaan itu dikawal dan diamankan oleh Tim Pengawal Dan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dari Kejari Bireuen.

Sejumlah sumber media ini menuturkan, bermacam cara dihalalkan untuk menguras dana publik, melalui proyek pembangunan Pasar Rakyat Bireuen yang berada di kawasan Cureh. Terutama, dengan membangun asal jadi dan terkesan dikerjakan terburu-buru. Parahnya, pejabat dinas terkait maupun PPTK seolah tutup mata terhadap persoalan itu,”Bahkan orang-orang dinas yang ikut terlibat bermain di belakang layar, cenderung membela pihak rekanan meski pekerjaan proyek ini tak sesuai spek, serta patut diduga sarat penyimpangan. Kontraknya sudah berakhir, tetapi mereka tetap terus bekerja walau melanggar administrasi tata kelola keuangan,” ungkap sumber di lingkungan kantor Bupati Bireuen.

Menurut sumber yang enggan ditulis namanya itu, kecurangan kontraktor pelaksana terlihat cukup kasat mata pada proyek tersebut. Namun pejabat dinas tak mempermasalahkan kondisi di lapangan, ditambah lagi TP4D yang bertugas mengawasi pekerjaan proyek, seperti tidak berkutik

Pantauan Media Realitas, hingga Selasa 2 Januari proyek tersebut masih terlihat sedang dikerjakan. Belasan buruh tampak sedang sibuk bekerja di lokasi itu, sebagian diantaranya memasang lantai keramik, memasang instalasi listrik, memasang rolling door, serta memplaster dinding bangunan Pasar Rakyat Kota Juang dan sejumlah pekerjaan fisik lainnya.

Namun Rekanan pelaksana dari PT Erlangga Jaya, Firdaus yang ditanyai media ini via selulernya terkait persoalan itu, untuk memuat hak jawab sesuai prosedur Pers, tidak bersedia menerima hubungan komunikasi. Bahkan, pesan singkat melalui short massage service (SMS) yang dikirimkan wartawan, juga diabaikan dan tidak mendapat respon dari kontraktor itu.

Kadis Dinas Penanaman Modal, Perdagangan, Koperasi dan UKM, Darwansyah selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang dikonfirmasi media ini beberapa hari lalu mengaku, pihaknya tetap meminta pihak rekanan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Menurut dia, karena sudah kepepet waktu maka pihaknya memberi kelonggaran hingga beberapa hari ke depan,“

Sementara Kabit yang juga selaku PPTK Pembangunan Pasar Rakyat Kota Juang, Cut armanusyah yang dikonfirmasi via selulernya tadi sore menjelaskan, kerjaat itu sudah finishingkarna itu semua sudah telat di kerjakan seharus kita harus memberikan apresiasi kepada rekanan karna sudah memburu pkerjaan itu (M. Reza)

Subscribe

MEDIA REALITAS